Pengaruh layanan konseling individu terhadap Koping siswa dimasa pandemi Covid-19 : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis 03 Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Hazimah, Nisrina Rif'ati (2021) Pengaruh layanan konseling individu terhadap Koping siswa dimasa pandemi Covid-19 : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis 03 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2020 dimana pandemic covid-19 masih melanda Indonesia dan pemerintah Indonesia menyatakan agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan metoda daring atau online. Namun implementasi tersebut masih kurang maksimal dan masih ada ketidaksiapan baik dari guru maupun siswa. Oleh karena itu diperlukannya konseling individu untu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui layanan konseling individu siswa MTs Persis 03 Pameungpeuk di masa pandemic covid-19 ; mengetahui koping siswa MTs Persis 03 Pameungpeuk ; dan mengetahui pengaruh layanan konseling individu siswa MTs Persis 03 Pameungpeuk di masa pandemic covid-19. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konseling Individu Sofyan Willis dan Teori Lazarus dan Folkman (Maryam, Strategi coping : Teori dan Sumberdayanya, 2017) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui wawancara, kuesioner, dan data dari MTs Persis 03 Pameungpeuk yang didukung oleh dokumentasi yang relevan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah penelitian menggunakan metode survey dengan populasi dan sampel para siswa MTs Persis 03 Pameungpeuk kelas VII dan dengan menggunakan Teknik random sampling yang digunakan adalah non probability.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa berdasarkan dari hasil data antara variable X (konseling individu) dan variable Y (koping) terdapat 31% perngaruh yang dialami oleh peserta didik MTs Persis 03 Pameungpeuk sedangkan 69% dipengaruhi oleh factor lain seperti diri individu tersebut, keluarga, maupun lingkungan disekitar. Pada uji korelasi juga kedua variable memiliki korelasi dengan derajat hubungan sedang dan dalam bentuk hubungan positif yang artinya semakin tinggi variable X (konseling individu) maka akan semakin tinggi pula variable Y (koping) dan sebaliknya semakin rendah variable X (konseling individu) maka akan semakin rendah juga variable Y (koping). Sedangkan nilai pearson correlation 0,557 dan nilai r table 0,312 maka 0,557 > 0,312 = berhubungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Koping; Strategi Koping;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nisrina Rif'ati Hazimah
Date Deposited: 14 Sep 2021 09:59
Last Modified: 14 Sep 2021 10:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43412

Actions (login required)

View Item View Item