Penyelesaian sengketa pembiayaan murabahah bil wakalah melalui upaya hukum banding pada putusan nomor: 072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg

Fitrah, Bunga (2021) Penyelesaian sengketa pembiayaan murabahah bil wakalah melalui upaya hukum banding pada putusan nomor: 072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya putusan Pengadilan Agama Purwakarta yang tidak berwenang mengadili perkara aquo karena menyalahi ketentuan kewenangan absolut. Kemudian penggugat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama Bandung menyatakan bahwa Pengadilan Tingkat Pertama telah keliru yang menyatakan tidak berwenang mengadili perkara aquo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode hakim dalam pengambilan putusan Pengadilan Agama Purwakarta pada putusan nomor: 849/Pdt.G/2017/PA.Pwk dan Pengadilan Tinggi Agama Bandung pada putusan nomor: 072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg untuk menyelesaikan sengketa pembiayaan murabahah bil wakalah, mengetahui landasan hukum hakim yang digunakan oleh Pengadilan Agama Purwakarta pada putusan nomor: 849/Pdt.G/2017/PA.Pwk dan Pengadilan Tinggi Agama Bandung pada putusan nomor:072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg, serta Pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap putusan nomor: 849/Pdt.G/2017/PA.Pwk dan putusan nomor: 072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg dalam memutus perkara sengketa ekonomi syariah yang berakad murabahah bil wakalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti data primer atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara penelusuran terhadap putusan nomor:849/Pdt.G/2017/PA.Pwk dan nomor:072/Pdt.G/2018/PTA.Bdg. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini berdasarkan kepada kerangka berfikir dalam Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 1 yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji..." dan adapun prinsip yang harus menjadi pedoman dalam pembuatan akad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode penemuan hukum hakim Pengadilan Agama Purwakarta dan Pengadilan Tinggi Agama Bandung ini menggunakan metode interpretasi subsumtif dan kontruksi, 2) landasan hukum yang digunakan oleh kedua Pengadilan yaitu menurut perundang-undangan yang berlaku dan salah satu ayat Al-Qur'an untuk mempertegas, dan 3) pandangan hukum ekonomi syariah pada putusan Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama bahwa putusan ini sudah sesuai dengan tepat dan sesuai prosedur hukumnya, karena nasabah telah terbukti melakukan perbuatan wanprestasi yang dimulai dalam akad pembiayaan murabahah bil wakalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Hukum Hakim; Murabahah bil Wakalah; Pandangan Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pengadilan Islam, Qada'
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Bunga Fitrah
Date Deposited: 14 Sep 2021 08:00
Last Modified: 14 Sep 2021 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43384

Actions (login required)

View Item View Item