Pengaruh penerimaan dana zakat infaq shadaqah terhadap penyaluran dana yang diterima oleh para mustahik : Studi kasus Baznas Kabupaten Garut

Laelasari, Zakiah (2021) Pengaruh penerimaan dana zakat infaq shadaqah terhadap penyaluran dana yang diterima oleh para mustahik : Studi kasus Baznas Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER ZAKIAH LAELASARI (1).pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerimaan dana zakat infaq shadaqah dan penyalurannya pada Organisasi pengelola zakat yaitu Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten garut. Dana zakat yang diterima oleh baznas kabupaten garut mengalami distorsi atau ketididak stabilan yang memberikan efek samping terhadap dana yang diterima oleh para mustahik zakat. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengetahui besar atau tidaknya pengaruh penerimaan dana zakat infaq shadaqah terhadap penerimaan dana yang diterima oleh mustahik. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk melihat besar atau kecilnya keterserapan dana penerimaan dana zakat infaq shadaqah terhadap penyaluran dana yang diterima oleh mustahik di baznas kabupaten garut. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penerimaan dana zakat infaq shadaqah terhadap penyaluran dana yang diterima oleh mustahik zakat. Zakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim. Zakat yang disalurkan kepada para mustahik akan berperan lebih untuk mendukung peningkatan ekonomi mereka. Badan amil zakat nasional dibentuk dengan keputusan presiden RI No.8 Tahun 2001 yang merupakan lembaga pemerintah non stuktural dan mandiri yang bertanggung jawab kepada presiden, secara global Baznas memiliki tugas yaitu mengelola dan mendistribusika dana zakat,infaq shadaqah kepada para mustahik zakat Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang lebih menekankan pada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial dan dijabarkan dalam beberapa komponen masalah variabel dan indikator. Adapun untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, metode studi pustaka dan internet. Semua instrumen tersebut saling menunjang dan melengkapi sehingga diperoleh data yang akurat. Hasil dari penelitian ini penulis dapat memberikan pernyataan bahwa penerimaan dana zakat infaq shadaqah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran yang diterima oleh mustahik di baznas kabupaten garut, dikuatkan dengan data yang sudah diolah menggunakan SPSS For Windows Versi 20 dengan hasil thitung sebesar 8,569 dengan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000<0,5) dan nilai R square yang diperoleh sebesar 0,882 atau sama dengan 88,2% . hal tersebut membtuktikan bahwa adanya pengaruh yang cukup besar dari penerimaan dana zakat, infaq shadaqah terhadap penyaluran yang diterima oleh mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan dana zakat; infaq shadaqah; penyaluran dana; mustahik zakat
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Zakiah Laelasari
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:08
Last Modified: 14 Sep 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43375

Actions (login required)

View Item View Item