Pengaruh piutang Murabahah dan piutang Multijasa terhadap ekuitas pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Rabbaniah periode 2015-2019

Jauhari, Irfan Fadhil (2021) Pengaruh piutang Murabahah dan piutang Multijasa terhadap ekuitas pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Rabbaniah periode 2015-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Ekuitas merupakan modal atau hak milik perusahaan atas aktiva yang sudah termasuk kekayaan bersih setelah dikurangi aset dan liabilitas. Ekuitas atau modal ini menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik oleh perusahaan agar kegiatan operasionalnya bisa berjalan dengan lancar. Ekuitas dapat dipengaruhi oleh Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa. Adapun tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Piutang Murabahah secara parsial terhadap Ekuitas, mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Piutang Multijasa secara parsial terhadap Ekuitas dan mengetauhi juga menganalisis seberapa besar pengaruh Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa secara simultan terhadap Ekuitas pada PT. BPRS Amanah Rabbaniah periode 2015-2019. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwasannya Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa berpengaruh positif terhadap Ekuitas. Itu berarti apabila Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa naik maka Ekuitas pun akan ikut naik, begitupun sebaliknya apabila Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa turun maka Ekuitas pun akan ikut turun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan langsung oleh PT. BPRS Amanah Rabbaniah periode 2015-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Piutang Murabahah berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 75,7%. Pada variabel Piutang Multijasa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 69,6%. Kemudian Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 76,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Murabahah; Piutang Multijasa; Ekuitas
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Irfan Fadhil Jauhari
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:06
Last Modified: 14 Sep 2021 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item