Penerapan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung

Sabrina, Nissia Dzimar (2021) Penerapan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi Covid-19 menuntut guru profesional dalam teknologi digital, namun sebagian siswa mengalami kendala dalam hal teknologi, sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kota Bandung. Instrumen terdiri dari tes kemampuan pemahaman matematis dan non tes berupa angket sikap Self Regulated Learning. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: (a) Gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik berdasarkan hasil rata-rata pada lembar observasi; (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel memperoleh rata-rata skor N-Gain lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) Peningkatan sikap Self Regulated Learning matematis siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel memperoleh skor rata-rata lebih tinggi daripada sebelum menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel. (d) Tanggapan guru matematika baik terhadap pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel, serta memberikan suasana baru dalam pembelajaran online. Dengan pendekatan Open-ended siswa terampil mengkonstruk pengetahuannya melalui penyelesaian masalah dengan banyak cara, mengajukan dugaan sementara, membuat generalisasi dan mengemukakan temuannya. Pendekatan Open-ended berbantuan Microsoft Excel ini memudahkan siswa dalam mengolah data terutama pada pokok bahasan statistika sehingga meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-ended; Microsoft Excel; Kemampuan Pemahaman Matematis; Self Regulated Learning
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Adult Education > Distance Education
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nissia Dzimar Sabrina
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:41
Last Modified: 14 Sep 2021 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43371

Actions (login required)

View Item View Item