Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organization Citizenship Behaviour (OCB) : Studi kasus pada PT Tumbuh Prima Jaya Bandung

Al-Fajr, Muhammad Zahid Zahran (2021) Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organization Citizenship Behaviour (OCB) : Studi kasus pada PT Tumbuh Prima Jaya Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_Bab I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

kepuasan kerja adalah bagaimana seseorang memandang, menilai dan melihat pekerjaan mereka apakah bersifat positif atau negatif. Sedangkan komitmen organisasi adalah merupakan kumpulan dari perasaan serta kepercayaan jika orang- orang tersebut mempunyai organisasi secara totalitas. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi mempunyai pengaruh kepada perilaku kewarga organisasian (Organization Citizenship Behaviour). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organization Citizenship Behaviour di PT Tumbuh Prima Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas,uji korelasi dan uji asumsi klasik. Untuk menguji hubungan antar variabel dan menguji hipotesis dilakukan analisis regresi berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), dan analisis koefisien determinasi menggunakan media (software) IBM SPSS Statistics 25. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan di PT Tumbuh Jaya Prima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB di PT Tumbuh Prima Jya. Hal ini dibuktikan pada nilai t hitung 3,337 > 2,024 (t tabel) dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan Secara parsial, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB di PT Tumbuh Prima Jaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 2,455 > 2,024 (t tabel) dan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Sedangkan secara simultan, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap OCB di PT Tumbuh Prima Jaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 27,86 > 3,24 (F tabel) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,573. Artinya variabel bebas kepuasan kerja (X1) dan komitmen organisasi (X2) dapat mempengaruhi variabel terikat OCB (Y) sebesar 0,573 atau 57,3%, sedangkan sisanya 42,7 % dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja; komitmen organisasi; OCB; Manajemen Sumber Daya Manusia
Subjects: General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Zahid Zahran Al-fajr
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:48
Last Modified: 14 Sep 2021 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43334

Actions (login required)

View Item View Item