Toleransi beragama perspektif Mahmud Syaltut dalam tafsir Al-Qur’an Al-Karim Al-Ajza’ Al-Asyrata Al-Ula: Melalui pendekatan Hermeneutika Paul Ricoeur

Agustian, Mustaien (2021) Toleransi beragama perspektif Mahmud Syaltut dalam tafsir Al-Qur’an Al-Karim Al-Ajza’ Al-Asyrata Al-Ula: Melalui pendekatan Hermeneutika Paul Ricoeur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

manusia dalam menganut agama serta, sikap yang harus disematkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyajikan tentang penafsiran ayat toleransi beragama dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-Karim al-Ajza’ al-Asyrata al-Ula karya Mahmud Syaltut dengan menggunakan pendekatan Hermeneutika Paul Ricoeur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pustaka (library research) dengan teknik mengumpulkan data dan informasi dibantu dengan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman terkait toleransi beragama dalam penafsiran Mahmud Syaltut yang merujuk pada ayat-ayat di dalam al-Qur’an dengan menganalisis melalui pendekatan hermeneutika Paul Ricoer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 ayat yang membahas tentang toleransi beragama dalam tafsir Mahmud Syaltut, yaitu: QS al-Baqarah : 256, membahas tentang tidak ada pemaksaan dalam menganut suatu keyakinan. Ali ‘Imran : 64, membahas tentang keberkahan dalam persaudaraan. An-Nisa: 105, membahas tentang tidak adanya perbedaan keadilan dalam Islam. Yunus : 99-100, membahas tentang kemerdekaan dalam beriman. Al-Hujurat : 13, membahas tentang sikap menghormati perbedaan dan menghargai prinsip-prinsip kemajemukan. Dan al-Maidah : 8, membahas tentang keadilan terhadap teman ataupun musuh. Kemudian, diklasifikasikan ke dalam 3 pokok pembahasan, yaitu: Pertama, kebebasan beragama pada QS al-Baqarah : 256 dan Yunus : 99-100. Kedua, menjamin keadilan bagi sesama walaupun beda agama pada QS. Ali ‘Imran : 64, An-Nisa : 105 dan Al-Maidah : 8. Ketiga, menghargai perbedaan pada Q.S. al-Hujurat : 13. Kajian hermeneutika interpretasi teks dalam memahami ayat tentang toleransi beragama, kiranya relevan untuk diterapkan yang tujuannya adalah untuk menyebarkan penolakan terhadap kekerasan dan perpecahan, serta guna menyebarkan pesan-pesan al-Qur’an untuk mewujudkan persaudaraan yang penuh ketentraman dan berbalut cinta kasih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Hermeneutika; Mahmud Syaltut; Paul Ricoeur
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mustaien Agustian Sukardi
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:48
Last Modified: 14 Sep 2021 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43327

Actions (login required)

View Item View Item