Pemanfaatan aplikasi Wolfram Alpha dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Maharani, Bilqis (2021) Pemanfaatan aplikasi Wolfram Alpha dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian quasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha menggunakan pendekatan RMT dengan siswa yang pembelajarannya konvensional; (c) respon siswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes yaitu angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Cianjur dengan sampel X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data N-gain, diperoleh: (a) gambaran aktivitas guru pada pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT berada pada kategori sangat baik dan aktivitas siswa berada pada kategori baik; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya konvensional; (c) sebagian besar siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT merespon positif terhadap pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wolfram Alpha; Rigorous Mathematical Thinking; Pemecahan Masalah Matematis;
Subjects: Education
Arithmetics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Bilqis Maharani
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:50
Last Modified: 14 Sep 2021 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43324

Actions (login required)

View Item View Item