Hubungan Ujub terhadap perilaku narsistik pengguna aplikasi Tiktok : Studi deskriptif pada mahasiswa Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Apipah, Siti Nur (2021) Hubungan Ujub terhadap perilaku narsistik pengguna aplikasi Tiktok : Studi deskriptif pada mahasiswa Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Manusia ialah makhluk yang Allah ciptakan dengan telah memiliki keistimewaan tersendiri. Pada masa digital yang semakin pesat ini, alat telekomunikasi pun menjadi lebih maju. Tidak hanya menjadi alat untuk bertukar informasi. Kini alat telekomunikasi berkembang menjadi platform yang memiliki banyak fitur menarik yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat modern untuk meraih popularitas. Tanpa terkecuali mahasiswa pengguna aplikasi Tiktok jurusan Tasawuf Psikoterapi angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memperlihatkan diri sebagai individu yang pantas untuk dikagumi banyak orang. Hal tersebut terlihat dari banyaknya dan intensitas mengambil poto maupun video baik sendiri maupun kelompok guna mencari jati diri serta mendapatkan pengakuan dari orang-orang sekitar. Yang kerap kali membuat mahasiswa tersebut memperlihatkan sikap Ujub. Perilaku narsistik ialah perilaku cinta yang berlebihan terhadap ekspektasi diri sendiri karena tidak menemukan seseorang atau suatu untuk dijadikan objek cinta.Perilaku narsistik dapat dikatakan personality disorder karena seseorng pada pase ini tidak mampu mengadaptasi antara ekspektasi dengan kehidupan nyata nya. Ujub ialah perilaku membanggakan diri atau sebuah perasaan yang dirasakan seseorang tentang dirinya sendiri bahwa dirinya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Seseorang dengan sikap Ujub merasa bahwa kemampuan yang dimiliki adalah karena dirinya tanpa menyadari bahwa semua yang dimiliki adalah karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif korelasi, yakni sebuah metode yang digunakan untuk dapat mengnalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lain dengan menggunakan uji statistic. Hasil pengujian koefisien regresi secara simultan di peroleh 0,642 dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,412, yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (Trust) terhadap variabel terikat (Partisipasi) adalah sebesar 41,2%. Hasil analisis hubungan korfisien korelasi sebesar 0,642 menunjukan bahwa terdapat hubungan (korelasi) antara perilaku narsistik dengan sikap Ujub yang erat positif, sehingga semakin tinggi perilaku narsistik, maka semakin tinggi pula sikap Ujub dan begitupun sebaliknya. Dari hasil tersebut, dikatahui mayoritas mahasiswa pengguna aplikasi tiktok jurusan Tasawuf Psikoterapi angakatan 2019 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berdapa pada klasifikasi perilaku narsistik yang rendah hingga rendah sekali dan tingkat sikap Ujub yang rendah hingga rendah sekali juga yakni rendah sekali. Terdapat hubungan yang signifikan dan berbanding lurus atau searah antara perilaku narsistik dengan sikap Ujub.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: digital;tiktok;narsistik;Ujub
Subjects: Diseases > Disorders of Personality and Intellect
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Nur Apipah
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:04
Last Modified: 14 Sep 2021 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43321

Actions (login required)

View Item View Item