Nilai-nilai bimbingan spiritual Islam dalam buku Remember Me & I Will Remember You karya Wirda Mansur : Analisis wacana model Teun A Van Dijk

Nurul Aini, Sinta (2021) Nilai-nilai bimbingan spiritual Islam dalam buku Remember Me & I Will Remember You karya Wirda Mansur : Analisis wacana model Teun A Van Dijk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang mengalami suatu permasalahan dan merasa berat untuk menjalaninya sehingga dia menjadi stress, depresi dan putus asa. Namun, pada hakikatnya semua manusia ingin bahagia dunia dan akhirat. Permasalahan kehidupan berhubungan dengan keimanan seseorang, karena Allah SWT memberikan ujian dan cobaan kepada hamba-Nya untuk menguji keimanan mereka. Individu yang selalu menghadirkan Allah dalam segala apapun, termasuk individu yang mempunyai spiritualitas tinggi. Peneliti menemukan sebuah buku karya Wirda Mansur berjudul Remember Me & I Will Remember You yang mengandung nilai-nilai bimbingan spiritual Islam. Buku ini merupakan buku yang membahas bimbingan spiritual Islam dari pengalaman Wirda Mansur ketika menghadapi suatu persoalan, sehingga dapat menyentuh hati pembacanya, dan dapat bermuhasabah diri serta mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai bimbingan spiritual Islam diantaranya nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk dan mencari data dari observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, telah ditemukan nilai-nilai bimbingan spiritual Islam yang terdapat dalam buku ini yaitu nilai aqidah (Allah SWT sebagai tempat bergantung manusia dan hidup berpedoman pada Al-Qur’an), nilai ibadah (segala aktivitas yang dilakukan harus dengan semata-mata karena Allah SWT), nilai akhlak (kebaikan seseorang akan memberikan manfaat untuk orang lain dan diri sendiri). Kata Kunci: Nilai, Bimbingan, Spiritual Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Bimbingan; Spiritual Islam
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sinta Nurul Aini
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:42
Last Modified: 13 Sep 2021 04:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43283

Actions (login required)

View Item View Item