Manajemen isu mengenai bantuan sosial Provinsi Jawa Barat melalui program Pikobar : Studi deskriptif Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat

Pratiwi, Triana Dwi (2021) Manajemen isu mengenai bantuan sosial Provinsi Jawa Barat melalui program Pikobar : Studi deskriptif Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.docx.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK SKRIPSI.docx.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.docx.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat (Jabar) merupakan salah satu lembaga pemerintahan dalam bidang teknologi dan komunikasi. Diskominfo Jawa Barat, khususnya PIKOBAR dalam situasi pandemi diberikan tugas khusus oleh Gubernur Jabar, dalam menyediakan pelayanan terpadu satu pintu informasi seputar COVID-19 Jawa Barat, termasuk mengenai manajemen isu Banprov Jabar. Program manajemen isu mengenai Banprov sangat penting dilakukan oleh PIKOBAR, karena hal tersebut merupakan suatu potensi menuju krisis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen isu mengenai Banprov Jabar, mulai dari proses mengidentifikasi isu, proses analisis dan evaluasi isu, proses perumusan program, proses pelaksanaan, sampai dengan proses evaluasi program manajemen isu bantuan Provinsi (Banprov). Konsep dalam penelitian ini menggunakan model proses manajemen isu. Model proses manajemen isu ini digunakan karena selaras dengan dengan proses tahapan yang digunakan PIKOBAR Diskominfo dalam mengelola isu mengenai bantuan Provinsi Jawa Barat. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan interpretif, menggunakan metode penelitian deskriptif dan pengumpulan data-data penelitian dengan cara wawancara mendalam. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen isu mengenai Banprov Jabar yang dilakukan oleh PIKOBAR dilakukan dalam lima proses manajemen isu, dimulai dengan proses yang pertama mengidentifikasi isu yang meliputi proses pencarian isu Banprov Jabar dan temuan isu Banprov Jabar. Proses kedua, evaluasi dan analisis isu melalui media sosial, media analytics, dan hotline whatsapp di aplikasi PIKOBAR. Tahap ketiga perencanaan program yang dilakukan secara fleksibel dan adaptif. Tahap keempat, pelaksanaan program meliputi tindak komunikasi program manajemen isu Banprov Jabar, sinergitas antar lembaga, dan melakukan manajemen resiko. Tahap kelima, evaluasi program yang mengukur ketercapaian program, dengan rating dan dampak program. Berdasar pada hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa PIKOBAR Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat melakukan manajemen isu mengenai bantuan sosial Provinsi Jawa Barat, sesuai dengan model proses manajemen isu. Kata kunci: Proses manajemen isu, Bantuan Provinsi, PIKOBAR, Diskominfo Jabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Proses manajemen isu; Bantuan Provinsi; PIKOBAR; Diskominfo Jabar;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Triana Dwi Pratiwi
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:52
Last Modified: 13 Sep 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43271

Actions (login required)

View Item View Item