Penerapan rasa syukur untuk meningkatkan kesadaran diri : Studi kasus kepada pasien eks Napza di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Kabupaten Bandung

Mustopa, Rita (2021) Penerapan rasa syukur untuk meningkatkan kesadaran diri : Studi kasus kepada pasien eks Napza di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyalahgunaan NAPZA yang mengakibatkan munculnya dampak negatif dalam berbagai aspek, meliputi aspek kesehatan, pendidikan, keamanan, dan kehidupan sosial. Adapun sebagian besar eks NAPZA seringkali mengalami kesulitan dalam faktor sosial salah satunya yaitu sulit untuk diterima kembali di masyarakat. Hal tersebut diakibatkan oleh minimnya kesadaran diri eks NAPZA yang menyebabkan ia tidak percaya diri juga tidak mengakui serta menyadari apa yang telah mereka lakukan itu kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kesadaran diri pasien eks NAPZA, mengetahui prosedur yang digunakan dalam penerapan rasa syukur pada pasien eks NAPZA, dan mengetahui efektivitas penerapan rasa syukur pada pasien eks NAPZA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yakni metode penelitian yang menekankan pada hal terpenting yang berupa makna yang dapat dijadikan sebagai suatu pelajaran berharga dari suatu kejadian atau fenomena atau gejala sosial. Adapun pendekatannya menggunaka pendekatan studi kasus yang merupakan proses pengumpulan data yang dilakukan secara mendalam, detail, holistik, intensif, serta sistematis mengenai orang atau kejadian pada suatu kelompok dengan menggunakan berbagai teknik dan metode dalam mendapatkan informasi untuk memahami objek penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan skala guttman dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif persentase. Adapun hasil dari peneltian ini yaitu : (1) gambaran kesadaran diri pasien eks NAPZA di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman yaitu pasien A baik, pasien B baik, pasien C sangat baik, dan pasien D sangat baik, (2) prosedur penerapan rasa syukur pada pasien eks NAPZA di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman dilakukan melalui lima langkah yaitu tahap pendekatan awal, tahap penerimaan, tahap perencanaan program, tahap bimbingan, dan tahap pembinaan lanjut, dan (3) penerapan rasa syukur pada pasien eks Napza di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman efektif dalam meningkatkan kesadaran diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kesadaran diri; rasa syukur; eks Napza
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rita Mustopa
Date Deposited: 12 Sep 2021 23:26
Last Modified: 12 Sep 2021 23:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43269

Actions (login required)

View Item View Item