Motivasi belajar dan menghafal Al-Qur'an : Studi Living Qur'an terhadap motivasi belajar dan menghafal Al-Qur'an pada santri pondok pesantren Al-Qur'an Cijantung Ciamis

Anwarudin, Asep Muhamad (2021) Motivasi belajar dan menghafal Al-Qur'an : Studi Living Qur'an terhadap motivasi belajar dan menghafal Al-Qur'an pada santri pondok pesantren Al-Qur'an Cijantung Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi merupakan proses yang membantu memunculkan semangat, petunjuk dan selalu pantang menyerah dalam berperilaku. Disatu sisi seseorang dalam menjalankan kegiatan pembiasaan belajar dan menghafal al-Qur’an mempunyai motivasi yang bermacam-macam, ada yang karena suruhan, saran dari orang tua atau sebagai persyaratan lulus, tetapi di sisi lain motivasi yang harus tertanam kuat adalah ingin mendapat banyak manfaat, sebagai dasar agama dan ingin meraih derajat disisi Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi objektif, motivasi santri dan faktor pendorong dan penghambat dalam belajar dan menghafal al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis. Penelitian ini berbentuk kualitatif dan termasuk penelitian lapangan. Sumber data pada penelitian ini yaitu: 1) Sumber primer berupa semua informasi yang didapat dari penelitian langsung ke lokasi penelitian, wawancara dan angket. 2) Sumber sekunder berupa data yang didapatkan dari studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kondisi objektif. Pertama, program belajar al-Qur’an dikhususkan bagi santri baru di semester pertama. Metode yang digunakan adalah metode Tilawati yang terdiri dari 5 jilid metode ditambah gharib dan musykilah dan menggunakan sistem kolegial. Kedua, program menghafal al-Qur’an dikhususkan bagi santri yang berminat dan boleh mulai masuk program ini dari kelas VIII untuk Mts dan kelas XI untuk MAN. Target hafalan yang harus dicapai dalam satu bulan adalah setengah juz. Waktu penerimaan setoran setelah shalat subuh, ashar, magrib dan isya. Tidak ada metode yang dipatenkan dalam menghafal al-Qur’an. 2) Motivasi santri. Motivasi belajar dan menghafal al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis termasuk kategori baik. Karena nilai persentase skor angketnya berada pada rentang nilai 76% - 100%. 3) Faktor pendorong dan penghambat. Pertama, faktor pendorong belajar al-Qur’an adalah faktor internal santri, SDM dan waktu KBM yang cukup dan sarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah standar kemampuan santri yang tidak merata dan faktor internal santri. Kedua, faktor pendorong menghafal al-Qur’an adalah faktor internal mudaris dan santri, fasilitas yang memadai dan waktu KBM yang cukup. Sedangkan faktor penghambatnya juga sama adalah faktor internal mudaris dan santri, dan fasilitas yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an; Belajar; Menghafal Al-Qur’an; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Asep Muhammad Anwaruddin
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:16
Last Modified: 13 Sep 2021 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43253

Actions (login required)

View Item View Item