Perlindungan hukum terhadap driver ojek online yang mengalami orderan fiktif di hubungkan dengan pasal 5 undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen: Studi kasus di Kota Bandung

Lisnawati, Neng Sopi (2021) Perlindungan hukum terhadap driver ojek online yang mengalami orderan fiktif di hubungkan dengan pasal 5 undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen: Studi kasus di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Kewajiban konsumen sesuai dengan Pasal 5 Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Hukum bawah kewajiban konsumen ialah beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa tetapi dalam tetapi dalam pelaksanaanya seringkali penumpang tidak memenuhi kewajibannya tersebut kepada pengemudi ojek online dengan melakukan order fiktip sehingga merugikan pengemudi ojek online tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis perlindungan hukum terhadap driver ojek online,untuk mengkaji kendala upaya hukum yang di alami driver ojek online yang mengalami orderan fiktip,Untuk mengkaji dan menganalisis akibat hukum terhadap konsumen yang melakukan orderan fiktip. Di dalam penelitian ini terdapat beberapa teori, asas dan peraturan perundang-undangan yang digunakan yaitu teori negara hukum, teori kepastian hukum, teori itikad baik, teori-teori kesepakatan, asas-asas hukum perjanjian serta Pasal 5 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Penelitian yuridis empiris adalah penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukan belum ada peraturan perundang-undangan yang secara khusus mengatur perlindungan hukum terhadap pelaku usaha kendaraan umum berbasis online di Indonesia. Banyak kendala yang di alami, oleh driver PT.GOJEK seperti orderan fiktip, sehinga merugikan driver PT.GOJEK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fiktip; perlindungan; upaya
Subjects: Law
Law > Law Reform
Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Sopi Lisnawati
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:10
Last Modified: 15 Sep 2021 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43248

Actions (login required)

View Item View Item