Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi

Azzahra, Mutiara (2021) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftardustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada, bahwa adanya siswa-siswi yang mengalami kebimbangan. Siswa yang mengalami kebimbangan diantaranya itu cara meningkatkan minat serta potensi yang ada dalam dirinya. Dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi oleh guru BK kepada siswa diharapkan adanya peningkatan pada diri siswa serta tidak ada lagi kebimbangan siswa cara meningkatkan minat yang ada dalam dirinya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kondisi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2) program layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; dan 3) hasil layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Garut. Penelitian ini didasari pada pemikiran yang dikemukakan oleh Sukardi bahwa layanan bimbingan kelompok memungkinkan setiap anggota kelompok secara bersama memperoleh informasi dari seorang yang ahli atau konselor guna untuk menunjang kehidupan yang lebih baik dalam pengambilan keputusan baik sebagai pelajar maupun masyarakat (Ketut 2002:48). Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan ketertarikan dan perhatian seseorang terhadap suatu kegiatan yang dirasa dapat menguntungkan, menyenangkan dan lama kelamaan akan mewujudkan kepuasan dalam dirinya (Susanto 2013:58). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dalam pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi kepada informan yang bersangkutan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena dapat memberikan gambaran secara akurat mengenai hal-hal yang peneliti lakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa kondisi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi cukup beragam. Siswa yang berminat ditandai dengan keingintahuan yang tinggi, dan siswa yang kurang berminat ditandai dengan kurang adanya keseriusan siswa untuk mencari informasi perguruan tinggi. Guru BK mengadakan program layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi, berharap agar minat siswa dapat meningkat. Hasil yang didapat setelah dilaksanakan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi menjadi meningkat karena dibantuoleh program yang dilaksanakan oleh guru BK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mutiara Azzahra
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:56
Last Modified: 14 Sep 2021 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item