Hubungan keaktifan siswa pada pembelajaran daring dengan kemampuan membaca lancar di SDN Cangkuang 15 : Penelitian korelasi di kelas dua SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot

Mutiannisa, Mutiannisa (2021) Hubungan keaktifan siswa pada pembelajaran daring dengan kemampuan membaca lancar di SDN Cangkuang 15 : Penelitian korelasi di kelas dua SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Ketidak tepatan metode dalam membelajarkan anak membaca merupakan salah satu faktor kemampuan membaca rendah, apalagi di masa covid-19 ini yang mana pembelajaran dilaksanakan secara daring, dan kegiatan atau pembiasaan dalam membaca menurun. Dari sini, maka kemampuan membaca lancar siswa kelas dua juga ikut menurun. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi keaktifan siswa pada pembelajaran daring di kelas dua SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot. 2) Mengidentifikasi kemampuan membaca lancar siswa kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot, 3) Mengidentifikasi hubungan keaktifan siswa pada pembelajaran daring dengan kemampuan membaca lancar kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot. Penelitian ini didasarkan pemikiran bahwa faktor yang memengaruhi kemampuan membaca lancar adalah keaktifan siswa dalam belajar. Maka hipotesis penelitian ini adalah terdapat korelasi positif yang signifikan antara keaktifan siswa pada pembelajaran daring dengan kemampuan membaca lancar kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot. Penelitian ini menggunakan metode korelasional bivariat dan dengan pendekatan kuantitatif yang mana sampel dalam pengumpulan data berjumlah 51 siswa dari 60 siswa kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot. Jumlah sampel diambil berdasarkan hasil perhitungan penentuan sampel, rumus dari Taro Yamane. Sumber data yang diambil berasal dari data primer yaitu siswanya itu sendiri, juga ditambah penguatan dari orangtua siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket, tes dan juga wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi bivariate yaitu teknik product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada pembelajaran daring di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot menunjukkan nilai rata-rata sebesar 60 dan masuk kategori baik. Sedangkan rata-rata kemampuan membaca lancar siswa kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot sebesar 60 dan masuk kategori cukup. Terdapat hubungan antara keaktifan siswa pada pembelajaran daring dengan kemampuan membaca lancar kelas dua di SDN Cangkuang 15 Dayeuhkolot termasuk pada kategori rendah atau lemah, karena hasil r hitungnya sebesar 0,350 dengan signifikansi 5% dan r tabel sebesar 0,276. Hasil koefisien determinasi yaitu 12%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan keaktifan siswa pada pembelajaran daring sebesar 12% dengan kemampuan membaca lancar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca lancar; keaktifan siswa dalam belajar daring;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiannisa Mutiannisa
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:09
Last Modified: 16 Sep 2021 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43219

Actions (login required)

View Item View Item