Pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham syariah: Studi kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010-2019

Dewi, Shintia Puspita (2021) Pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham syariah: Studi kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang investor yang menilai kinerja perusahaan dari laporan keuangannya. Laba dan arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan yang menunjukan ukuran kinerja perusahaan. Laba merupakan sumber daya perusahaan yang bernilai positif karena adanya pemasukan atau penambahan aktiva perusahaan. Arus kas merupakan sejumlah uang kas yang masuk dan keluar sebagai akibat dari aktivitas perusahaan. Harga saham syariah merupakan harga yang terbentuk dari permintaan dan penawaran saham syariah yang digunakan untuk bertransaksi di pasar modal syariah. Apabila laba terus meningkat dan aliran kas dikendalikan dengan baik, maka investor akan tertarik sehingga permintaan atas saham akan meningkat dan mempengaruhi harga saham perusahaan. PT.Telekomunikasi Indonesia merupakan perusahaan penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi di Indonesia yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan termasuk ke dalam indeks saham syariah di Jakarta Islamic Index. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh laba dan arus kas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap harga saham syariah pada PT.Telekomunikasi Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010-2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan melakukan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis uji t (parsial) dan uji F (simultan). Dalam penelitian ini yang menjadi variabel independen adalah laba dan arus kas sedangkan harga saham syariah sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahunan PT.Telekomunikasi Indonesia tahun 2010-2019. Hasil uji statistik tentang pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham syariah dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Laba secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05; 2) Arus kas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,344 lebih besar dari probabilitas 0,05; 3) Laba dan arus kas secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap harga saham syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Laba; Arus Kas; Harga Saham Syariah
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Shintia Puspita Dewi
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:34
Last Modified: 13 Sep 2021 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43216

Actions (login required)

View Item View Item