Pengembangan objek wisata Pantai Cemara dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar : Studi deskriptif di Pantai Cemara Cipanglay,Desa Cidamar,Cidaun,Cianjur

Maulana, Asep Hamzah (2021) Pengembangan objek wisata Pantai Cemara dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar : Studi deskriptif di Pantai Cemara Cipanglay,Desa Cidamar,Cidaun,Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Sektor wisata merupakan salah satu potensi ekonomi yang perlu dikembangkan dan dikelola secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Pengembangan ini harus dilakukan secara menyeluruh dan terkoordinir dengan melibatkan partisipasi berbagai pihak termasuk masyarakat dalam pengelolaan objek wisata Pantai Cemara Cipanglay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pemerintah dalam mengembangkan objek wisata Pantai Cemara Cipanglay. Untuk mengetahui strategi pemerintah dalam mengembangkan objek wisata Pantai Cemara Cipanglay. (2) Bentuk partisipasi masyarakat dalam mengembangkan objek wisata Pantai Cemara Cipanglay.(3) Bentuk keberhasilan pengembangan objek wisata Pantai Cemara Cipanglay dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini didasarkan pada pengembangan merupakan proses meningkatkan kondisi masyarakat secara bertahap dan berkelanjutan dengan berlandaskan pada asas-asas keadilan sosial serta saling menghargai. . Dan tentunya hal ini dapat terbangun dengan adanya interaksi sosial, partisipasi, dan upaya saling memotivasi satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai prosedur memecahkan masalah dengan memaparkan keadaan yang sebenarnya dari objek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah setempat dan pihak pengelola wisata telah melakukan berbagai upaya pengembangan meskipun belum berjalan maksimal. Partisipasi masyarakat secara umum dilihat dari partisipasi berupa materi, tenaga, dan keikutsertaan dalam memanfaatkan serta melaksanakan pembangunan. Pengembangan objek wisata Pantai Cemara dapat menciptakan berbagai peluang kerja, baik dari sektor utama maupun dari sektor penunjang wisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Objek Wisata; Ekonomi; Kesejahteraan Masyarakat;
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asep Hamzah Maulana
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:08
Last Modified: 13 Sep 2021 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43215

Actions (login required)

View Item View Item