Optimalisasi penyertaan modal daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) : Studi kasus di Kota Bandung tahun 2017-2019

Solekha, Nadia (2021) Optimalisasi penyertaan modal daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) : Studi kasus di Kota Bandung tahun 2017-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy

Abstract

Penyertaan modal daerah kepada Badan usaha milik daerah ini harus berjalan secara optimal. Dan pemerintah Kota Bandung harus terus mengupayakan optimalisasi dalam hal penyertaan modal daerah kepada BUMD ini. Namun fenomena yang terjadi di Kota Bandung justru penyertaan modal yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Bandung sangat besar namun tidak disertai dengan penerimaan kembali yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana Optimalisasi Penyertaan Modal Dearah kepada BUMD Kota Bandung tahun 2017-2019, juga memahami hambatan dan upaya apa yang dapat ditempuh dalam hal penyelesaian hambatan yang terjadi dalam hal Penyertaan modal pemerintah Daerah Kota Bandung kepada BUMD Kota Bandung tahun 2017-2019.Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori (Wahyuningsih, 2020 : 260) Penyertaan modal daerah akan optimal apabila terjadi Peningkatan PAD (Pendapatan Asli daerah), adanya peningkatan PAM (Pendapatan Asli Masyarakat), usaha yang dimasuki oleh penyertaan modal tersebut layak secara finansial, proyek atau kegiatan usaha yang dimasuki penyertaan modal tersebut termasuk kedalam prioritas investasi, selanjutnya tidak bertentangan dengan peraturan atau perundang-undangan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan tujuan mempelajari serta memahami makna. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan penghimpunan informasi secara lengkap terhadap sebuah kasus yang terbatasi oleh aktivitas atau kegiatan, waktu yang telah sebelumnya ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara wawancara, observasi, dan dokumen kualitatif. Berdasarkan dengan data yang peneliti peroleh, hasil pengamatan peneliti sekaligus analisis yang peneliti lakukan, maka ditarik kesimpulan bahwa Penyertaan Modal Dearah kepada BUMD Kota Bandung tahun 2017-2019 belum optimal. Hal ini dikarenakan tidak efektifnya penerimaan bagian laba atas penyertaan modal, kurangnya modernisasi, kurang efektivnya Kota Bandung dalam memenuhi target penyertaan modal dan kurang luasnya cakupan usaha BUMD Kota Bandung. Selanjutnya menyikapi hambatan yang terjadi maka upaya yang dilakukan diantaranya: Melakukan perbaikan penggunaan modal, perluasan informasi, modernisasi, Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Meningkatkan dan memperluas cakupan usaha BUMD Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi ; Penyertaan Modal ; BUMD
Subjects: Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nadia Solekha
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:50
Last Modified: 17 Sep 2021 04:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43209

Actions (login required)

View Item View Item