Peran Kelompok Bahagia berkarya dalam pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan mangrove Kampung Beting Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi

Laily, Fauziah (2021) Peran Kelompok Bahagia berkarya dalam pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan mangrove Kampung Beting Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Perempuan adalah insan yang penuh kreatifitas yang di ciptakan oleh Allah SWT ia mampu menjalankan banyak peran tanpa harus meninggalkan kodratnya, perempuan sebagai partner bagi laki-laki dalam setiap situasi maka harus mampu memainkan peran strategis dalam sebuah pembangunan akan tetapi untuk mencapai semua itu perempuan dalam memainkan perannya masih terbentur dengan berbagai permasalahan yang banyak menimpa mereka, dalam menghadapi permasalahan tersebut perempuan membutuhkan wadah untuk mengekspresikan kualitas dan kreatifitas yang ada pada dirinya sihingga dari kreatifitas ini dapat membantu perekonomian keluarga yang sudah mulai berubah akibat terjadinya abrasi yaitu semenjak hilangnya hutan mangrove yang dialih fungsikan menjadi tambak ikan dan masyarakatpun hidup jauh dari kata sejahtera, maka Kelompok Bahagia Berkarya Hadir untuk mewadahi kreatifias yang di miliki masyarakat melalui pemanfaatan mangrove . Namun hasil penelitian terdapat problematika yang terjadi di dalamnya salah satunya ialah sulitnya berkembang dengan luas diakibatkan oleh faktor pendidikan, kepekaan sosial akses dan inprastrktur serta sinyal/teknologi digital yang kurang terpasilitasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang fungsi kelompok bahagia berkaya dan fungsi kegiatan kelompok bahagia berkarya dalam pemberdayan perempuan melalui pemanfaatan mangrove, mengingat perekonomian masyarakat belum optimal, disertai dengan pembekalan life skill yang dikolaborasikan dengan kekayaan alam yang ada. Penelitian ini mengunakan teori Peran, yang mana menurut hardi dan hayes, bahwasannya peran adalah konsep fungsional yang menggambarkan dan didsarkan pada tugas aktual yang digunakan oleh orang tersebut, setiap orang akan bertindak dengan cara tertentu. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggnakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis dalam penelitianini digunakan alur analisis, pengumpulan data reduksi data, penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok bahagia berkarya berfungsi untuk mewadahi masyarakat dalam berkreatifitas, menambahkan perekonomian, serta wadah edukasi dan pendidikan bagi masyarakat, fungsi kegiatan kelompok bahagia berkarya yaitu untuk mengedukasi dan menstimulus ibu-ibu dalam berkeratifitas agar terus berinovasi sehingga dapat mengenalkan muaragembong dengan olahan mangrovenya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kelompok; Pemberdayaan Perempuan; Pemanfaatan Mangrove
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauziah Laily
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:45
Last Modified: 14 Sep 2021 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item