Implementasi program tahfiz dan efektivitasnya dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an di MI terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Mulyana, Kresna Dewi (2021) Implementasi program tahfiz dan efektivitasnya dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an di MI terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi masalah global yang berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Covid-19 berdampak pada proses pembelajaran di semua lembaga pendidikan termasuk pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an. Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa semua lembaga pendidikan ditutup, segala bentuk kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. Banyak lembaga pendidikan yang melaksanakan program tahfiz Al-Qur’an secara online akan tetapi tidak semua lapisan dapat beradaptasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi program tahfiz di MI Terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2020/2021. 2) Faktor penghambat dan pendukung program tahfiz di MI Terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun pelajaran 2020/2021. 3) Efekivitas program tahfiz dalam meningkatkan hafalan di MI Terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2020/2021. Pendidikan Islam perlu ditanamkan pada peserta didik sejak usia sekolah dasar. Pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an pada lingkungan belajar merupakan salah satu bentuk penerapan pendidikan Islam. Tahfiz Al-Qur’an adalah proses dimana seseorang menghafal, mengingat dan menanamkan ayat-ayat Al-Qur’an di dalam hati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah guru tahfiz dan peserta didik kelas V (lima). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa program tahfiz di MI Terpadu Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung pada tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media video call Whatsapp. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh beberapa temuan yang meliputi tujuan program tahfiz, guru tahfiz, materi pembelajaran tahfiz, metode tahfiz yaitu metode menghafal dengan Al-Qur’an blok warna, metode talaqqi dan muraja’ah, serta evaluasi yang terdiri dari evaluasi harian, evaluasi mingguan dan evaluasi per semester. Faktor pendukung implementasi program tahfiz Al-Qur’an di MI Terpadu Ar-Rifqi adalah adanya minat dan motivasi, latihan, faktor guru tahfiz dan fasilitas yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya ialah kurangnya waktu tatap muka, rasa malas, koneksi internet dan orang tua. Dilihat dari aspek bertambahnya surat yang dihafal oleh peserta didik efektivitas program tahfiz adalah 100% efektif artinya termasuk pada kategori sangat efektif. Sedangkan jika dilihat dari segi tercapainya target hafalan berdasarkan materi tahfiz, efektivitas program tahfiz adalah 13,2% artinya termasuk kategori sangat tidak efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program tahfiz; tahfiz Al-Qur’an; menghafal Al-Qur’an
Subjects: Islam > Koran
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kresna Dewi Mulyana
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:41
Last Modified: 13 Sep 2021 09:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43198

Actions (login required)

View Item View Item