Implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan pelayanan kepada calon jamaah haji: Studi Deskriptif di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi

Mirawati, Mirawati (2021) Implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan pelayanan kepada calon jamaah haji: Studi Deskriptif di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah peminat ibadah haji di Indonesia lebih banyak bila dibandingkan dengan negara muslim lainnya. Dan sebagai pasilitator, Kementerian Agama merupakan pihak yang paling berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan haji. Terlebih lagi mengenai permasalahan pelayanan yang selalu menjadi pokok permasalahan, menuntut Kementerian Agama Kabupaten Bekasi agar lebih efektif dan efisien. Maka dari itu diperlukannya implementasi fungsi manajemen dalam penyelenggaraan haji guna terciptanya pelayanan yang baik bagi jamaah. Teori yang digunakan penelitian ini berdasar pada teori yang dikemukakan George R. Tery yaitu manajemen sebagai suatu proses khas yang terdiri atas tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah di tentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen yang berupa perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan Pusat Layanan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan pelayanan epada calon jamaah haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan pelayanan kepada calon jamaah haji. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dengan staf Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi manajemen di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi terdiri dari: Pertama, perencanaan yang meliputi perencanaan pelayanan pendaftaran, perencanaan pelayanan bimbingan haji di tanah air (sebelum ibadah haji), di tanah suci, dan di tanah air (pasca ibadah haji). Kedua, pengorganisasian yaitu dengan adanya struktur organisasi dan pembagian kerja. Ketiga, penggerakan yaitu dengan Kepala Seksi PHU mengarahkan dan menggerakan seluruh stafnya dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji. Keempat, pengendalian yaitu dengan mengadakan rapat evaluasi secara berkala.Dari pemaparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi sudah menerapkan prinsip kerja berdasarkan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, meskipun dalam pelaksanaan didalamnya masih ada kendala-kendala yang terjadi baik itu dari internal maupun dari ekternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelayanan Haji; Jamaah Haji;
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: mirawati mira mira
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:59
Last Modified: 13 Sep 2021 00:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43185

Actions (login required)

View Item View Item