Bimbingan pranikah untuk mencegah perceraian di era pandemic covid-19: Penelitian deskriptif KUA Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang

Haya, Tiara Nurul (2021) Bimbingan pranikah untuk mencegah perceraian di era pandemic covid-19: Penelitian deskriptif KUA Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh tingginya angka perceraian di daerah Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang pada saat pandemic covid-19. Salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman calon pengantin terhadap makna keluarga sakinnah, mawaddah, warrahmah. Sehingga penyuluh KUA Kecamatan Majalaya berupaya untuk mengatasi hal tersebut melalui kegiatan bimbingan pranikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses dan hasil yang dicapai dalam kegiatan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa bimbingan pranikah merupakan upaya pemberian bantuan kepada calon pengantin dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pernikahan untuk membangun keluarga yang sakinnah, mawaddah warrohmah, agar terhindar dari kasus perceraian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan wawancara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang mampu meningkatkan pemahaman calon pengantin mengenai tujuan pernikahan dalam rangka membangun keluarga sakinnah, mawaddah warrahamah dan mencegah timbulnya perceraian. Hal ini di tunjukan oleh menurunnya angka perceraian pada saat pandemic, yang disebakan oleh kurangnya pemahaman calon pengantin mengenai konsep tujuan pernikahan islami di Kecamatan Majalaya awalnya 80%, tetapi setelah calon pengantin mengikuti kegiatan bimbingan, angka perceraian menurun menjadi 70%, perhitungan ini diperoleh dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terakhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah; Calon Pengantin; Perceraian;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Nurul Haya
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:35
Last Modified: 13 Sep 2021 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43179

Actions (login required)

View Item View Item