Penyelesaian masalah penugasan dengan Rafi Aziz Uddin Bhuiyan (RAUB) Method, Hungarian Method, dan Heuristic Method

Antikah, Antikah (2021) Penyelesaian masalah penugasan dengan Rafi Aziz Uddin Bhuiyan (RAUB) Method, Hungarian Method, dan Heuristic Method. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Rafi Aziz Uddin Bhuiyan (RAUB) Method, Hungarian Method, dan Heuristic Method dalam menyelesaikan masalah penugasan untuk kasus minimasi (seimbang dan tidak seimbang) dan kasus maksimasi (seimbang dan tidak seimbang), kemudian membandingkan ketiga metode tersebut untuk menentukan metode yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah penugasan. RAUB Method merupakan metode baru yang dirancang untuk memudahkan dalam menyelesaikan masalah penugasan. Langkah awal dari metode ini adalah menetapkan nilai terkecil untuk kasus minimasi dan menetapkan nilai terbesar untuk kasus maksimasi kemudian melakukan reduksi baris dan kolom. Hungarian Method adalah metode yang memodifikasi baris dan kolom menjadi matriks efektifitas. Sedangkan Heuristic Method adalah metode dengan langkah awal yaitu mencari nilai terkecil pada setiap baris dan kolom untuk kasus minimasi dan mencari nilai terbesar pada setiap baris dan kolom untuk kasus maksimasi, kemudian hitung pinalti baris dan kolomnya. Pada dasarnya ketiga metode tersebut menghasilkan solusi optimal yang sama, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut ketiga metode tersebut menghasilkan solusi optimal yang berbeda dengan jumlah iterasi juga berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu algoritma, jumlah ordo matriks, dan variasi nilai pada entri matriks. Berdasarkan analisis yang dilakukan, Hungarian Method menghasilkan solusi optimal yang lebih baik dengan jumlah iterasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan RAUB Method dan Heuristic Method. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masalah penugasan dapat diselesaikan dengan lebih baik menggunakan Hungarian Method daripada RAUB Method dan Heuristic Method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Riset Operasi; Program Linear; Masalah Penugasan; Rafi Aziz Uddin Bhuiyan (RAUB) Method; Hungarian Method; Heuristic Method
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Antikah Antikah
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:42
Last Modified: 12 Sep 2021 22:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43161

Actions (login required)

View Item View Item