Pengaruh penggunaan media pembelajaran Whatsapp terhadap motivasi belajar fiqih: Penelitian terhadap siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur

Nurpadilah, Siti Niima (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Whatsapp terhadap motivasi belajar fiqih: Penelitian terhadap siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring dikembangkan untuk menunjang pembelajaran tatap muka, terutama di masa pandemi covid-19. Media adalah salah satu komponen yang menjadi solusi agar proses pembelajaran bisa tetap berlangsung. WhatsApp merupakan salah satu media pembelajaran yang paling populer dan bisa membangkitkan motivasi belajar. Namun pada faktanya masih banyak siswa yang mengikuti pembelajaran daring dengan motivasi tinggi dan tidak sedikit yang memiliki motivasi rendah. Sehingga muncul pertanyaan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran whatsapp terhadap motivasi belajar fiqih?. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) Realitas Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp pada siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur (2) Realitas Motivasi Belajar Fiqih pada siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur dan (3) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Fiqih pada siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur. Penelitian ini diasumsikan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran whatsapp terhadap motivasi belajar fiqih. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin baik pembelajaran menggunakan media pembelajaran whatsapp maka akan semakin baik pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode asosiatif, jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil responden sebanyak 58 siswa. Analisis data menggunakan bantuan SPSS statistika 23. Berdasarkan hasil dari pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp berkategori baik (skor 4,14), (2) Realitas Motivasi Belajar Fiqih berkategori baik (skor 3,77), dan (3) Pengaruh Pengaruh Penggunaan Media WhatsApp terhadap Motivasi belajar fiqih adalah (a) memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil t hitung (2,604) > t tabel (1,675) maka terdapat pengaruh antara penggunaan whatsapp terhadap motivasi belajar siswa. b) perhitungan korelasi menunjukkan bahwa antara kedua variabel dalam penelitian ini memiliki tingkat hubungan yang rendah, dengan hasil dari nilai pearson correlation pada variabel X dan Y yaitu 0,329 berada di interval 0,20 – 0,39 serta hasil perhitungan koefisien determinasi didapat hasil sebesar 0,108 dimana hal ini menunjukkan bahwa besar presentase variasi dari variabel bebas yaitu media whatsapp sebesar 0,108 x 100 adalah 10,8 %. Artinya variabel penggunaan whatsapp berpengaruh sebesar 10,8% terhadap motivasi belajar siswanya. Sedangkan sisanya ( 100% - 10,8% = 89,2 %) dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Artinya harus ada penelitian lebih lanjut yang meneliti mengenai faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar fiqih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Whatsapp; motivasi belajar; fiqih;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Niima Nurpadilah
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:08
Last Modified: 04 Oct 2021 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43153

Actions (login required)

View Item View Item