Sanksi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur perspektif hukum pidana Islam : Analisa pasal 10 UU no.11 tahun 2012 tentang peradilan anak

Mardiah, Isma Aulia (2021) Sanksi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur perspektif hukum pidana Islam : Analisa pasal 10 UU no.11 tahun 2012 tentang peradilan anak. Sarjana thesis, Syariah dan Hukum.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-dikonversi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-dikonversi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi-dikonversi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1-dikonversi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana pencurian mulai banyak di lakukan oleh anak-anak terutama dengan latar belakang perekonomian keluarga yang sangat rendah, terlantar, pengaruh pergaulan yang buruk atau karena putus sekolah. Keterlibatan anak sebagai pelaku pencurian tentu tidak bisa di anggap sebagai sesuatu hal yang tidak penting untuk di kaji, apalagi jika anak di jatuhi pidana penjara walau hanya pencurian yang nilainya tergolong rendah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertimbangan dalam memberikan keringanan sanksi terhadap anak di bawah umur manurut hukum positif, untuk mengetahui Sanksi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak di bawah umur menurut Hukum Pidana Islam, Dan untuk mengetahui pertimbangan dalam memberikan keringanan sanksi anak di bawah umur menurut pasal 10 UU No. 11 tahun 2012 dan Hukum Pidana Islam.Kerangka berpikir dalam skripsi ini yaitu pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur mungkin dapat diterjemahkan sebagai pencurian khusus, yaitu sebagai suatu pencurian dengan cara-cara tertentu sehingga bersifat lebih ringan. Anak yang melakukan tindak pidana pencurian akan dilakukan tindakan hukum bagi yang masih anak-anak lebih didepankan pada aspek perlindungan hak-hak anak tersebut dalam tiap tingkat pemeriksaannya. Menurut pasal 10 UU no 11 tahun 2012 tentang peradilan anak hukuman yang dijatuhkan adalah diversi yaitu diadili diluar pengadilan.Penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang mengkaji dan menganalisa secara mendalam tentang isi data atau dokumen. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan memakai data kepustakaan (library research).Hasil penelitian sanksi tindak pidana terhadap anak dibawah umur adalah dikembalikan kepada orang tuanya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Pasal 10 UU No. 11 Tahun 2012, sementara dalam hukum pidana Islam pencurian termasuk kedalam jarimah hudud akan tetapi karena pencurian ini dilakukan oleh anak maka hukumannya berubah menjadi tazir dengan dikembalikan kepada orang tuanya sebagai pengajaran, kemudian relevansi antara ketentuan sanksi menurut Pasal 10 UU No. 11 Tahun 2012 dengan hukum pidana Islam adalah sanksinya sama-sama mendapatkan perlindungan untuk kemaslahatan antara dua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sanksi;Pencurian Anak;UU;Hukum Pidana Islam
Subjects: Islam Umum
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Criminal Law > Crimes
Criminal Law > Criminals
Criminal Law > Criminal Procedure
Criminal Law > Juvenile Courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Isma Aulia Mardiah
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:32
Last Modified: 10 Sep 2021 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43151

Actions (login required)

View Item View Item