Pemberdayaan perempuan melalui program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung

Nurhalim, Mela (2021) Pemberdayaan perempuan melalui program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan pada hakikatnya memiliki kodrat yang ditujukan untuk mengurus kehidupan rumah tangga. Namun, adanya kondisi yang mendesak dalam perekonomian membuat pergesaran peran mereka dalam keluarganya. Hal ini menjadikan tanggung jawab mereka guna memperbaiki kehidupan keluarganya. Akan tetapi mereka (perempuan) tidak memiliki keahlian khusus untuk memperbaiki kehidupan keluarganya. Kondisi ini membuat Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut, maka Pemerintah pun membuat sebuah program yaitu P2WKSS (Peningkatan Peran Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang, pelaksanaan program dan hasil dari program P2WKSS untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pemberdayaan dari Jim Ife, Teknik Analisis Longwe sebagai bentuk dari Teori Pemberdayaan Perempuan, Sistem AGIL (Adaption, Goal Attainment, Integration, Litensi) dan Skema Tindakan Talcott Parsons untuk mengetahui kesejahteraan ekonomi keluarga anggota P2WKSS. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penelitian secara deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program P2WKSS membawa pengaruh positif yang mewadahi perempuan menjadi seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan untuk memperbaiki keluarga terutama dalam aspek peningkatatan pendapatan ekonomi serta menjadikan keluarga sehat dan sejahtera. Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, P2WKSS, Ekonomi dan Kesejahteraan Keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; P2WKSS; Ekonomi dan Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Social Process > Social Change
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mela Nurhalim
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:25
Last Modified: 10 Sep 2021 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43134

Actions (login required)

View Item View Item