Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha hubungannya dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 48 Bandung

Fawjiah, Asri Hartini (2021) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha hubungannya dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 48 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari pada latar belakang masalah, yaitu terjadi kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan fenomena yang ada, yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa di SMP Negeri 48 Bandung kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha tidak semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan cenderung kurang optimal baik dari pemahaman materi maupun pembentukan kepribadian yang secara umum bertujuan untuk mendukung dan melengkapi materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan formal. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) hubungannya dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) Aktivitas sistem pembelajaran di Madrasah Diniyah Wustha (MDTW) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di SMP Negeri 48 Bandung. 2) Hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran di Madrasah Diniyah Wustha (MDTW) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Aktivitas dan hubungan siswa yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 48 Bandung. Berdasarkan teori yang ada bahwa hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya di pengaruhi oleh adanya aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hipotesis pada penelitian ini bahwa semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah wustha maka semakin baik pula hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Langkah langkah penelitian ini adalah : 1) pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelatif, 2) responden 40 orang siswa kelas IX SMP Negeri 48 Bandung yang mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dengan pengailan sampel Teknik purposive sumpling, 3) alat pengumpulan data : observasi, angket, dokumentasi dan metode tes. 4) analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis kauntitatif menggunakan pendekatan statistik dengan menempuh analisis parsial, uji normalitas dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha termasuk kategori tinggi dengan skor rat-rat angket 4,05 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategoti sangat baik dengan skor rata-rata 83,95 yang berada pada rentang 80 – 100. 3) hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori cukup atau sedang berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,526 yang berada pada interval 0,40 – 0,70 dan kadar sebesar 28%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha; Hasil Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asri Hartini Fawjiah
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:45
Last Modified: 08 Oct 2021 10:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43131

Actions (login required)

View Item View Item