Literasi media mahasiswa pada tayangan infotaiment Insert Transtv : Studi deskriptif terhadap mahasiswa jurnalistik fakultas dakwah dan komunikasi

Fatimatuzzahro, Siti Nabila (2021) Literasi media mahasiswa pada tayangan infotaiment Insert Transtv : Studi deskriptif terhadap mahasiswa jurnalistik fakultas dakwah dan komunikasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Terjadi hubungan problematika antara media massa dengan remaja. Media sendiri memiliki fungsi diantaranya adalah to inform, to educate, to persuade dan to entertain. Tetapi sering kali media menularkan pengaruh yang buruk dimana mendegradasi pada sisi-sisi kemanusiaan dan kemampuan dalam berpikir remaja. Kemudian efek buruk dari media massa melahirkan sebuah gagasan yang disebut dengan literasi media bisa disebut juga dengan melek media (cerdas bermedia). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menggambarkan literasi media pada kalangan mahasiswa aktif jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap tayangan infotaiment Insert Trans TV dari proses bagaimana mengakses, kemudian bagaimana menganalisis sebuah tayangan, mengevaluasi tayangan infotaiment serta bagaimana kemampuan mahasiswa jurnalistik dalam mengkomunikasikan pesan kepada orang lain. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penyelesaian masalah. Sehingga pada hasil penelitian ditulis berdasarkan kontruksi yang terjadi di lapangan berdasarkan sebuah fakta yang dipaparkan oleh para informan. Kemudian paradigma kontruktivisme sebagai pendekatan yang digunakan pada penelitian ini. Metode juga pendekatan ini digunakan karena pada sifat informan semua bervariasi, sehingga perlu adanya penjelasan dalam bentuk kalimat yang mendukung pada data yang diperoleh. Pada penelitian ini informan dipilih sesuai dengan kriteria, dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihannya sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan konsep dari National Leadership Conference on Media Education, dimana bisa dilihat literasi media merupakan kemampuan mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan kembali pesan keberbagai bentuk. (Irianta, 2009) dan literasi media sangat dibutuhkan untuk menyaring berita/informasi yang diberikan media massa kepada khalayak Hasil Penelitian dari Literasi Media pada kalangan Mahasiswa Jurnalitik terhadap Tayangan Infotaiment Insert TransTV, menunjukkan bahwasanya literasi media pada kalangan mahasiswa jurnalistik terhadap tayangan infotaiment insert tergolong tinggi, hal tersebut dikategorikan mahasiswa mempunyai tingkat literasi media tinggi karena informan memiliki tingkat mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan pesan kembali kepada orang lain. There is a problematic relationship between the mass media and youth. The media itself has functions including to inform, to educate, to persuade and to entertain. But often the media transmit a bad influence which degrades the human side and the ability to think teenagers. Then the bad effect of the mass media gave birth to an idea called media literacy which can also be called media literacy (intelligent media). The purpose of this study is to analyze and describe media literacy among active journalistic students at UIN Sunan Gunung Djati Bandung on the Insert Trans TV infotainment program from the process of how to access, then how to analyze a program, evaluate infotainment shows and how the ability of journalistic students to communicate messages to others. others. This research uses descriptive qualitative method as a problem solving method. So that the research results are written based on the construction that occurs in the field based on a fact presented by the informants. Then constructivism paradigm as the approach used in this study. This method is also used because the nature of all informants varies, so it is necessary to have an explanation in the form of sentences that support the data obtained. In this study, the informants were selected according to the criteria, using a purposive sampling technique, namely the selection according to predetermined criteria. In achieving the objectives, this research uses the concept of the National Leadership Conference on Media Education, where it can be seen that media literacy is the ability to access, analyze, evaluate and re-communicate messages in various forms. (Irianta, 2009) and media literacy is needed to filter the news/information provided by the mass media to the public The results of the study of Media Literacy among Journalistic Students on TransTV Insert Infotainment shows that media literacy among journalistic students on Insert Infotainment shows is relatively high, it is categorized as students having a high level of media literacy because informants have a high level of accessing, analyzing, evaluating and communicating. message back to others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media; Mahasiswa; Infotaiment;
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Nabila Fatimatuzzahro
Date Deposited: 09 Sep 2021 23:54
Last Modified: 09 Sep 2021 23:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43120

Actions (login required)

View Item View Item