Pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka : Upaya pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa

Firdaus, Firman Fauzi (2021) Pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka : Upaya pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan desa merupakan bagian yang penting dan tidak dapat terpisahkan dari pembangunan nasional, seperti pembanguan daerah yang meletakkan kerangka bagi bangsa Indonesia untuk tumbuh dan berkembang diatas kemampuan sendiri. Berdasarkan hasil survey serta konfirmasi awal yang didapatkan oleh peneliti dari narasumber instansi yang bersangkutan mengenai pembangunan infrastruktur desa salah satunya yaitu pembangunan pasar masih kurang optimal dalam pelaksanaanya dikarenakan ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dari mulai anggaran dana dari dinas yang masih minim dan sarana prasarana yang kurang memadai serta kesadaran dan kerjasama dari masyarakat yang masih minim sehingga sulit ntuk mencapai suatu kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripasikan strategi optimalisasi pembangunan infrastruktur desa di Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka perspektif undang-undang No.6 Tahun 2014 serta mendeskripsikan tinjauan siyasah dusturiyah dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan pembangunan infrastruktur di Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka sudah sesuai dengan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 78-Pasal 86 yakni dilakukan dengan melalui perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sedangkan ditinjau dari siyasah dusturiyah sepenuhnya belum sesuai kaidah-kaidah siyasah dusturiyah. Sehingga kurang dapat mewujudkan kemaslahatan, kesejahteraan dan kurang koordinasi dengan masyarakat. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembangunan infrastrukturnya yaitu, Faktor penghambat dalam proses pembangunan infrastruktur desa Cikijing khususnya dalam pembangunan pasar tradisional desa yaitu kurangnya dana sehingga proses pembangunnanya berjalan dengan lambat. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu semangat dan keinginan yang tinggi dari aparat pemerintahan desa Cikijing dan masyarakat desa Cikijing dalam mewujudkan pembangunan pasar tradisional yang nyaman dan memadai sehingga dapat meningkatkan proses perekonomian masyarakat desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Infrastruktur Desa; Undang-Undang No 6 Tahun 2014; Fiqih Siyasah;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Firman Fauzi Firdaus
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:07
Last Modified: 10 Sep 2021 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43112

Actions (login required)

View Item View Item