Prinsip komunikasi Islam pada novel digital : Analisis isi novel "Sebening Syahadat" pada akun @dvaaa1 dalam aplikasi Wattpad

Dheli, Neng Gina Rahmawati (2021) Prinsip komunikasi Islam pada novel digital : Analisis isi novel "Sebening Syahadat" pada akun @dvaaa1 dalam aplikasi Wattpad. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya, sebuah tulisan akan mengalami beberapa tahap sebelum sampai pada pembaca. Salah satunya ialah tahap editor yang dibutuhkan untuk pemeriksaan ulang berbagai aspek termasuk dengan penggunaan prinsip komunikasi islam di dalamnya. Namun itu tidak berlaku pada novel digital seperti pada Wattpad. Hal tersebut membuat banyak penulis menulis asal novel tanpa memperhatikan bagaimana pesan dapat tersampaikan. Novel digital “Sebening Syahadat” pada akun @dvaaa1 dalam aplikasi Wattpad mampu menyampaikan dakwahnya dengan menggunakan prinsip komunikasi islam di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui enam prinsip komuniaksi islam pada novel “Sebening Syahadat” berupa Qoullan Saddidan, Qoullan Balighan, Qoullan Maysuran, Qoullan Layyinan, Qoullan Kariman, dan Qoullan Ma’rufan pada novel digital “Sebening Syahadat” pada akun @dvaaa1 dalam aplikasi Wattpad. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Intrapersonal dan Teori Komunikasi Interpersonal dari Joseph A.Devito dengan berusaha memahami kalimat Prinsip Komunikasi Islam dari Jalaludin Rakhmat pada novel “Sebening Syhadat”. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dimana peneliti menjabarkan kalimat komunikasi yang menggunakan prinsip komunikasi islam pada novel tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif, dengan membaca, mengamati, memilah dan mengkategorikan secara terperinci kalimat komunikasi pada novel “Sebening Syahadat”. Teknik penngumpulan data didapat melalui penggunaan aplikasi dan membaca novel tersebut secara langsung. Hasil penelitin menunjukan bahwa novel “Sebening Syahadat” menggunakan prinsip komuniaksi islam cukup banyak di dalamnya. Dimana dari total 38 bab, 23 bab di dalamnya terdapat komunikasi yang menggunakan prinsip komunikasi islam. Dimulai dari Qoullan Saddidan yang ditemukan sebanyak delapan kalimat. Terdapat tujuh kalimat komunikasi yang menggunakan Qoullan Balighan. Tiga belas komuniaksi untuk Qoullan Maysuran. Terdapat enam kalimat komunikasi yang menggunakan Qoullan Layyinan. Paling sedikit ialah Qoullan Kariman yang hanya ditemukan sebanyak dua kali. Dan yang terakhir ditemukans sebanyak tujuh kalimat komunikasi yang menggunakan Qoullan Ma’rufan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Prinsip Komunikasi Islam; Wattpad; Novel Digital; Komunikasi Islam
Subjects: Islam > Islam and Technology
Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Neng Gina Rahmawati Dheli
Date Deposited: 10 Sep 2021 00:52
Last Modified: 10 Sep 2021 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43109

Actions (login required)

View Item View Item