Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada laporan keuangan BPRS Amanah Rabbaniah

Gunawan, Dimas Sulthan Syah (2021) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada laporan keuangan BPRS Amanah Rabbaniah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada BPRS Amanah Rabbaniah dilatar belakangi dengan adanya beberapa ketidaksesuaian antara penyajian laporan keuangan BPRS Amanah Rabbaniah dengan standar yang telah ditetapkan oleh DSAK IAI yaitu PSAK 101. Seperti pada laporan keuangan posisi keuangannya tidak terdapat pos dana syirkah temporer, pada laporan labarugi dan penghasilan komprehensif lain masih digunakan istilah dahulu dan pada laporan sumber dan penyaluran dana zakat masih terdapat pos wakaf. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan PSAK 101 di BPRS Amanah Rabbaniah dan juga untuk mengetahui kesesuaian antara penyajian laporan keuangan yang disajikan oleh BPRS Amanah Rabbaniah dengan PSAK 101. PSAK 101 adalah standar akuntansi yang menjadi pedoman bagi entitas syariah dalam melakukan penyajian laporan keuangan dan persyaratan minimal yang harus tercantum pada isi laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua cara yaitu wawancara langsung dengan koordinator accounting BPRS Amanah Rabbaniah dan dokumentasi berupa laporan keuangan triwulanan per 31 Desember 2020 yang diambil dari situs OJK. Dan teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan terakhir kesimpulan. Hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini mengungkapkan bahwa laporan keuangan BPRS Amanah Rabbaniah belum sepenuhnya sesuai dengan yang dipedomani pada PSAK 101. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan penyajian laporan keuagan yang disajikan oleh BPRS Amanah Rabbaniah dengan PSAK 101.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BPRS; PSAK 101; Laporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Dimas Sulthan Syah Gunawan
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:50
Last Modified: 09 Sep 2021 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43089

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item