Dzikir Al-Ma'tsurat sebagai media ketenangan hati pada remaja : Studi pada anak remaja karangtaruna di Perumahan Taman Alamanda rt 001 rw 019 blok f desa Karangsatria kecamatan Tambun Utara kabupaten Bekasi

Ineza, Marcel Aula (2021) Dzikir Al-Ma'tsurat sebagai media ketenangan hati pada remaja : Studi pada anak remaja karangtaruna di Perumahan Taman Alamanda rt 001 rw 019 blok f desa Karangsatria kecamatan Tambun Utara kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Ketenangan hati merupakan kondisi psikologis seseorang setelah melakukan sesuatu, dan juga merupakan salah satu ciri orang yang memiliki kesehatan mental yang baik. Dalam hal ini, khususnya untuk remaja sangat penting sekali untuk menenangkan hatinya. Remaja yang dimaksud ialah remaja yang mempunyai masalah dalam dirinya sehingga hatinya gelisah dan cemas, dan emosinya biasanya sulit untuk terkontrol. Sedangkan metode Dzikir Al-Ma’tsurat adalah metode yang dipakai oleh anak remaja Karangtaruna Perumahan Taman Alamanda RT 001 Blok F sebagai upaya mengatasi remaja bermasalah yang ada di dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa tahapan yang digunakan oleh remaja karangtaruna dan efek dari Dzikir Al-Ma’tsurat, mengetahui bagaimana cara kerja Dzikir Al-Ma’tsurat dalam mengatasi remaja bermasalah untuk mencapai ketenangan hati nya, dan untuk mengetahui efek yang dirasakan oleh remaja yang sedang mengamalkan Dzikir Al-Ma’tsurat ketika melalui setiap tahapan dari metode Dzikir Al-Ma’tsurat. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sample dalam penelitian berjumlah 6 responden, dengan rincian satu sebagai ketua rt sekaligus pembina, ketua karangtaruna, dan 4 anak remaja karangtaruna yang sedang mengalami masalah yang ada di dalam dirinya. Pengamalan Dzikir Al-Ma’tsurat yang di terapkan pada anak remaja karangtaruna tepatnya di salah satu masjid yaitu masjid Al-Huda memiliki 7 tahapan atau langkah dalam mengamalkannya. Yaitu diawali dengan membaca surat Al-Fatihah, Al-Baqarah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas lalu dilanjutkan dengan do’a wirid dan shalawat. Untuk melakukan bacaan tersebut biasanya diterapkan pada setiap pagi dan sore hari. Biasanya dilakukan dengan kondisi semangat dan segar, dan diusahakan untuk lebih lengkap dalam membacanya. Adapun efek yang dirasakan oleh remaja setelah melalui setiap tahapan dari metode Dzikir Al-Ma’tsurat adalah munculnya kesadaran dan ketenangan di dalam hatinya, dapat menyelesaikan masalah dengan tenang, ketika masalah menghampiri dirinya lebih sering untuk berdoa kepada Allah, lebih sabar dalam mengendalikan kecemasannya, dan merasa tenang serta mencapai kedamaian di dalam hatinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dzikir Al-Ma’tsurat; Ketenangan Hati; Remaja
Subjects: Applied Psychology > Meditations
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Marcel Aula Ineza
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:49
Last Modified: 09 Sep 2021 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43065

Actions (login required)

View Item View Item