Analisis putusan pengadilan tinggi negeri Jawa Barat nomor 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. tentang sengketa pembiayaan murabahah pada Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) Kcp Sukabumi

Hakim, Abdul (2019) Analisis putusan pengadilan tinggi negeri Jawa Barat nomor 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. tentang sengketa pembiayaan murabahah pada Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) Kcp Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penyelesaian kasus sengketa ekonomi syariah yang diselesaikan di Pengadilan Negeri, Dimana hal tersebut berlawanan dengan Undang-undang yang ada di indonsia. Seperti yang tertera dalam Undang-undang No 3 tahun 2006 perubahan terhadap Undangundang No. 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama yang menyatakan bahwa pengadilan agama memiliki wewenang dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah. Contohnya adalah suatu sengketa yang terjadi di Pengadilan Tinggi Jawa Barat dalam Putusan No 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. dimana penggugat merasa adanya suatu perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh tergugat yaitu pihak bank. Sehingga penggugat CV. Marissa Holiday mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Cibadak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana duduk perkara serta isi dari putusan No 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. tentang pembiayaan murabahah, dasar-dasar npertimbangan hakim dan juga bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap putusan No 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. tentang produk pembiayaan murabahah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yaitu metode yang merujuk kepada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan, putusan-putusan pengadilan dan lainnya. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa data yang disajikan dalam bentuk kata-kata(tulisan) . Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan data sekunder berupa bahan hukum primer yang terdiri atas penetapan Putusan No. 129/Pdt/2018/Pt.Bdg. Fatwa DSN MUI, KUHPerdata, KHES, dan bahanbahan hukum sekunder yang meliputi buku-buku dan lainnya yang berkaitan dengan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : 1) Isi putusan yang terdapat dalam Putusan Nomor 129/Pdt/2018/Pt.Bdg.telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2) penemuan hukum yang diterapkan oleh hakim tidak terlepas dari metode penemuan hukum seperti metode hukum penafsiran yang sehingganya dapat memutuskan hukum dengan tepat. 3) Dasar putusan dan ammar putusan yang terdapat di dalam Putusan Nomor 129/Pdt/2018/Pt.Bdg.sudah sesuia dengan Undang-undang No.3 Tahun 2006 terhadap perubahan Undang-undang No.7 Tahun 1989 tentang peradilan agama yang menyatakan bahwa pengadilan agama memiliki wewenang dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sengketa; Murabahah
Subjects: Law > Conflict of Law
Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:12
Last Modified: 09 Sep 2021 05:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43053

Actions (login required)

View Item View Item