Pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan : Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019

Hanitri, Dewi (2021) Pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan : Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena ke-inkonsistenan dalam penelitian terdahulu yang dalam hasil penelitiannya berbeda. Tujuan penelitian ini selain memperkuat penelitian terdahulu juga untuk mengetahui adanya pengaruh Likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio) dan Struktur Modal (Debt to Assets Ratio dan Debt to Equity Ratio) terhadap Profitabilas (Return on Assets) pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 5 tahun yaitu dari 2015 hingga 2019. Populasi pada penelitian ini terdapat 22 perusahaan yang terrmasuk pada Perusahaan Manufaktur Sub Sector Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria dan penilaian tertentu sehingga diperoleh hasil sampel 18 perusahaan. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji regresi data panel dan pengujian model. Data diperoleh dari Laporan Keuangan yang diambil pada website idx.com atau web perusahaannya, kemudian diolah dengan menggunakan Eviews 9. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Current Ratio (CRR) berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA), Quick Ratio (QR) tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA), Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA), Debt to Assets Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA). Sedangkan secara simultan Current Ratio (CRR), Quick Ratio (QR), Cash Ratio (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CRR); Quick Ratio (QR); Cash Ratio (CR); Debt to Assets Ratio (DAR); Debt to Equity Ratio (DER); dan Return on Assets (ROA).
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dewi Hanitri
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:33
Last Modified: 09 Sep 2021 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43026

Actions (login required)

View Item View Item