Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan : Penelitian pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang

Nur Hidayati, Elma (2021) Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan : Penelitian pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar. Gaya belajar dapat menjadikan siswa belajar dengan mudah, menyenangkan dan bermakna bagi dirinya sehingga siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, betapa pentingnya untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pangkalpinang dengan jumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling acak sederhana dengan cara undian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi pearson product moment, dibantu dengan program SPSS versi 16.0. Gaya belajar siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gaya belajar siswa sebesar 103,91 dengan kategori baik sebanyak 58,82% dan menunjukkan siswa kelas VIII SMPN 2 Pangkalpinang cenderung memiliki kategori gaya belajar visual dengan persentase sebesar 72%. Rata-rata nilai hasil belajar pada pembelajaran daring struktur dan fungsi tumbuhan yaitu 83,28 dan menunjukkan persentase hasil belajar yaitu 75% siswa yang tuntas dengan kategori tinggi. Hasil analisis korelasi pearson product moment menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dengan nilai signifikan 0,111 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar daring materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMPN 2 Pangkalpinang. Dengan kontribusi gaya belajar terhadap hasil belajar sebesar 3,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Hasil Belajar; Struktur dan Fungsi Tumbuhan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Elma Nur Hidayati
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:02
Last Modified: 08 Sep 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42997

Actions (login required)

View Item View Item