Pengaruh jus microgreens brokoli (Brassica oleracea Var. Italica) terhadap gejala stres pada Drosophila melanogaster yang diinduksi Methotrexate

Khusainingsih, Anisa Lutfiah (2021) Pengaruh jus microgreens brokoli (Brassica oleracea Var. Italica) terhadap gejala stres pada Drosophila melanogaster yang diinduksi Methotrexate. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Stres sebagai kondisi yang mengganggu homeostasis yang berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh. Salah satu pemicu stres ialah radikal bebas (Methotrexate). Tubuh harus mendapatkan sumber nutrisi yang kaya akan senyawa bioaktif seperti karotenoid, dan antioksidan tinggi untuk menekan efek radikal bebas. Brokoli (Brassica oleraceae var. Italica) merupakan jenis sayuran khas Indonesia yang ditanam dalam bentuk microgreens yang kaya nutrisi sehingga berpotensi dalam mengakhiri reaksi berantai radikal bebas. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh jus microgreens brokoli terhadap gejala stres pada Drosophila melanogaster yang diinduksi methotrexate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan enam ulangan, yaitu (P0) kontrol; (P1) methotrexate 10 ppm; (P2) jus microgreens brokoli 15%; (P3) methotrexate 10 ppm + jus microgreens brokoli 15%. Parameter yang diuji yaitu, survival rate, geotaksis negatif, enzim katalase, kadar dopamin, senyawa klorofil dan antioksidan. Hasil pengujian antioksidan dari jus microgreens brokoli sebesar 88,167 µg/ml, klorofil total sebesar 23,69 mg/g, serta karotenoid sebesar 94,35 µmol/g. Persentase kelulusan hidup lalat buah pada perlakuan jus microgreens brokoli tertinggi sebesar 98,33%, sedangkan mortilitas terendah pada perlakuan methotrexate sebesar 89,55%. Begitupun kemampuan memanjat geotaksis negatif pada perlakuan jus microgreens brokoli sebesar 93,33%, sedangkan terendah pada perlakuan methotrexate yaitu 61,66%. Adapun kadar katalase tertinggi pada perlakuan methotrexate 0,14 unit/mg, sedangkan terendah pada perlakuan jus microgreens brokoli 0,09 unit/mg. Kadar dopamin pada jus microgreens brokoli sebesar 0,17%, sedangkan perlakuan methotrexate kadar dopamin terendah sebesar 0,03%. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan jus microgreens brokoli berpengaruh dalam menurunkan efek toksisitas methotrexate yang menyebabkan terjadinya gejala stres.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: hanya diperkenankan upload halaman awal saja oleh dosen pembimbing
Uncontrolled Keywords: Antioksidan; Drosophila melanogaster; Microgreens Brokoli; Methotrexate; Stres
Subjects: Physiology > Animals Physiology
Physiology > Plants and Microorganisms Physiology
Genetics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Anisa Lutfiah Khusainingsih
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:50
Last Modified: 08 Sep 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42984

Actions (login required)

View Item View Item