Pengajian Ratib al-Attas sebagai media dakwah: Studi deskriptif Ratib al-Attas di Majelis Dzikir Ibnu Hasyim pimpinan Habib Daud bin Hasyim al-Attas di kampung Serena Tonggoh Rt 3 Rw 2

Fatmawati, Siti Ika (2021) Pengajian Ratib al-Attas sebagai media dakwah: Studi deskriptif Ratib al-Attas di Majelis Dzikir Ibnu Hasyim pimpinan Habib Daud bin Hasyim al-Attas di kampung Serena Tonggoh Rt 3 Rw 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Pengajian ratib al-Attas merupakan media sebagai perantara yang digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah berupa materi atau ajaran Islam. Pengajian ratib al-Attas salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Majelis Dzikir Ibnu Hasyim pimpinan Habib Daud bin Hasyim al-Attas. Pengajian ratib al-Attas menjadi salah satu pengajian yang diikuti oleh masyarakat Kampung Serena beserta jamaah dari luar secara antusias dan dapat diterima dengan baik oleh tokoh agama serta masyarakat di Kampung Serena. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, diantaranya: Pertama, untuk mengetahui materi pengajian ratib al-Attas di Majelis Dzikir Ibnu Hasyim. Kedua, untuk mengetahui fungsi dan peranan pengajian ratib al-Attas. Ketiga, untuk mengetahui proses dan tujuan pengajian ratib al-Attas Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori komunikasi persuasi. Adapun komunikasi persuasi ialah kemampuan komunikasi yang bisa merayu, membujuk serta memberikan arahan kepada orang lain. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya dakwah dengan media pengajian ratib al-Attas mudah diterima oleh tokoh-tokoh agama, masyarakat kampung Serena serta jamaah dari luar, hal ini bisa dibuktikan dengan jamaah yang setiap minggunya semakin bertambah. Terdapat tiga bahasan dalam pengajian ratib al-Attas. pertama, materi yang terdapat dalam pengajian ratib al-Attas. yakni bagaiamana cara beribadah kepada Allah, pentingnya untuk mendatangi Majelis Dzikir dan berkumpul dengan orang sholeh, selanjutnya penting untuk mengimani serta percaya akan adanya hari akhir, surga dan neraka. Materi yang disampaikan berupa materi-materi ringan dan dapat dipahami oleh para jamaah, serta bahasa yang digunakan adalah bahasa sunda dicampur dengan Indonesia, tujuannya dan dipahami oleh jamaah. Kedua, dalam fungsi dan peranan pengajian ratib al-Attas, ialah sebagai ajang silaturahmi, sebagai obat hati dan memperkuat keimanan, sebagai bentuk amal kebaikan. Dan peran dari pengajian ratib ialah berperan sebagai media dakwah dalam menyampaikan pesan dakwah berupa materi-materi seputar ajaran Islam. ketiga dalam proses dan tujuan. Dalam proses terdapat sabar yang dibagi kepada tida bagian yakni sabar dalam ibadah, sabar dalam maksiat, dan sabar dalam ujian dan cobaan. Selanjutnya istiqomah untuk tetap berada pada jalan yang Allah ridhai. Dalam tujuan mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan bergaul sesuai dengan syariat Islam, dan membentuk jiwa pemuda yang religi dan akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengajian ratib al-Attas; Media Dakwah; Dzikir; Solawat
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ika Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:34
Last Modified: 08 Sep 2021 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42983

Actions (login required)

View Item View Item