Pemahaman siswa terhadap materi sikap taat terhadap aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja hubungannya dengan disipilin mereka di sekolah: Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Soreang

Setiawati, Yulia (2020) Pemahaman siswa terhadap materi sikap taat terhadap aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja hubungannya dengan disipilin mereka di sekolah: Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Soreang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman Siswa terhadap Materi Sikap Taat Terhadap Aturan, Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja Hubungannya dengan Disipilin Mereka Di Sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Soreang, idealnya siswa yang telah memahami materi tentang sikap taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja akan memiliki sikap disiplin di sekolah, tetapi pada kenyataannya masih ada siswa yang belum menerapkan sikap disiplin di lingkungan sekolah. Hal ini ditandai dengan masih ada beberapa siswa yang terlambat datang ke sekolah, tidak menggunakan atribut lengkap dan meninggalkan kelas pada jam pelajaran. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja. (2) Realitas disiplin siswa di sekolah. (3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dengan kedisiplinan mereka di sekolah. Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pemahaman siswa yang mendalam terhadap arti penting materi pelajaran agama yang disajikan guru serta preferensi kognitif akan meningkatkan kecakapan ranah afektif para peserta didik. Ranah afektif ini merupakan sikap disiplin peserta didik yang di implementasikan dalam kedisiplinan mereka dalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan yaitu semakin paham siswa terhadap materi Sikap Taat Terhadap Peraturan, Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja, maka semakin baik pula disiplin mereka di sekolah. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini adalah mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, responden 94 orang siswa kelas XI SMAN 1 Soreang. Alat pengumpul data: tes, angket, observasi dan analisis data menggunakan korelasi parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi sikap taat terhadap aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja berkategori cukup dengan nilai 64.01. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69, artinya pemahaman siswa terhadap materi sikap taat terhadap aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja berkategori cukup. (2) Realitas disiplin siswa di SMAN 1 Soreang diperoleh angka 4.37. Angka tersebut berada pada interval 4.20 – 5.00, artinya disiplin siswa berkategori sangat tinggi. (3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi sikap taat terhadap aturan, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dengan disiplin siswa diperoleh: a) Koefisiensi korelasi 0.05 yang termasuk pada kategori sangat rendah karena berada pada interval 0.00 – 0.20. b) Hasil uji hipotesis Ha ditolak yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y dan Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 1%. Ini menunjukan masih ada faktor lain sebesar 99% yang mempengaruhi disiplin siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sikap taat; disiplin siswa; aturan; kompetisi; kebaikan; etos kerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Setia wati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:13
Last Modified: 15 Nov 2021 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42980

Actions (login required)

View Item View Item