Model dzikir Ratib Al-Haddad terhadap pembentukan emosi positif : Studi kasus terhadap jamaah Tarekat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah di Gang Sari 45 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Maulidia, Maulidia (2021) Model dzikir Ratib Al-Haddad terhadap pembentukan emosi positif : Studi kasus terhadap jamaah Tarekat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah di Gang Sari 45 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Beragam cara telah dilakukan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Perkembangan di zaman modern ini menuntut manusia dengan begitu cepat agar menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup atau masalah baru yang lebih besar di masa depan. Tak jarang hal tersebut dapat menimbulkan emosi negatif yang bersarang di dalam hati. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari emosi negatif atau melindungi dari perilaku tercela adalah dengan cara berdzikir. Berdzikir merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. dengan cara mengingat bahwa Allah mengamati seluruh pikiran dan tindakan yang telah dilakukan. Ratib al-Haddad merupakan salah satu jenis dzikir dari banyaknya dzikir yang diamalkan. Pada penelitian ini, penulis menemukan bahwa dengan keistiqomahan melakukan dzikir ratib al-haddad akan memberikan pengaruh dalam membentuk emosi yang postif. Tujuan penelitian yang akan diperoleh pada penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui proses pelaksanaan dzikir ratib al-haddad pada pembentukan emosi jama’ah tarekat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah di Gang Sari 45 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah dan peran dzikir ratib al-haddad pada pembentukan emosi jamaah tarekat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah di Gang Sari 45 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data pada penelitian dengan menggunakan metode kualitatif ini berupa data non-statistik, data yang berbentuk deretan kalimat yang menjelaskan suatu gejala, hasil temuan informasi yang ditemukan dan bukan berupa angka.Sumber data pada penelitian ini adalah jamaah tarekat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah di Gang Sari 45 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melaksanakan dzikir ratib al-haddad akan memberikan timbal balik atau hasil apabila dikerjakan dengan istiqomah dan dengan kehadiran serta ketulusan hati. Diantaranya yaitu perasaan kasih sayang, cinta, tenang, damai, tidak mudah marah dan lebih sabar. Karena emosi yang ada di dalam dirinya positif, maka perilaku ataupun perbuatan yang diperbuatnya pun merupakan tindakan yang terpuji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Ratib Al-Haddad; Emosi.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulidia Maulidia
Date Deposited: 07 Sep 2021 23:07
Last Modified: 07 Sep 2021 23:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42910

Actions (login required)

View Item View Item