Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung: Penelitian pada lingkungan RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung

Mauliany, Adellia (2021) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung: Penelitian pada lingkungan RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi anak pada saat pergi ke madrasah untuk mengaji. Ketika anak-anak terlihat enggan untuk mengaji, maka secara tidak langsung dapat mempengaruhi terhadap kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an. Mereka terlihat tidak memiliki motivasi untuk meningkatkan kualitas baca tulisnya. Pada umumnya, orang tua memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada guru di madrasah dalam membimbing anak-anaknya. Seharusnya kesinambungan antara guru, orang tua dan anak itu sendiri harus dibangun secara bersama, tanpa melepaskan tanggung jawab satu sama lain. Maka muncul pertanyaan adakah pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran pola asuh orang tua di RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung (2) Motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Penelitian ini diasumsikan bahwa keluarga merupakan pondasi dan pendidikan pertama bagi seorang anak. Dari asumsi tersebut ditarik hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar Al-Qur’an anak di RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif-korelatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan studi pustaka. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 25 responden dengan kategori usia 12 - 17 tahun. Dengan alasan bahwa mereka sudah dapat memilih dan mengutarakan pendapat dari apa yang mereka rasakan dan alami. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) Gambaran pola asuh orang tua di RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung termasuk pola asuh demokratis sebanyak 40% dengan kategori cukup dan berada pada interval nilai 72 -79 dengan rata-rata 75,5. Pola asuh lainnya yaitu permisif 32%, otoriter 16% dan penelantar 12%. (2) Motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak RT 03 RW 02 termasuk ke dalam motivasi ekstrinsik dengan kategori cukup berada di interval nilai 59 – 64 dengan rata-rata 61,2. (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak di RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung terdapat regresi linear dengan Fhitung sebesar 0,421 < Ftabel sebesar 2,645, dan hipotesis diterima dengan thitung sebesar 4,63 dan ttabel sebesar 4,3 dengan Freg sebesar 5,20 dan Ftabel sebesar 4,28 maka hipotesis signifikan. Dengan demikian pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar Al-Qur’an anak di RT 03 RW 02 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung sebesar 48% dan 52% faktor lainnya yang mempengaruhi motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua; motivasi belajar; baca tulis Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adellia Mauliany
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:07
Last Modified: 07 Sep 2021 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42900

Actions (login required)

View Item View Item