Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Video Based Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tanggeung

Ramdan, Yendi (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Video Based Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tanggeung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tanggeung diperoleh keterangan bahwasanya ketika mengajar guru belum menggunakan metode video based learning pada materi-materi tertentu. Ketika guru mengajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, sebagian besar siswa-siswi kurang menunjukkan semangat dan keseriusannya pada mata pelajaran PAI. Penyusun tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode video based learning dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran video based learning di kelas VIII SMPN 1 Tanggeung (2) hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII SMPN 1 Tanggeung.dan (3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode video based learning dan hubungan dengan hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII SMPN 1 Tanggeung . Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan metode video based learning. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran video based learning, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. 2) Responden 50 orang siswa Kelas 8-A SMP Negeri 1 Tanggeung 3) Alat pengumpulan data: angket, tes, wawancara, studi kepustakaan, observasi. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian diperoleh: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual termasuk kategori positif yaitu 4,3 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah termasuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 86 yang berada pada interval 86-100. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunan metode video based learning dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI berada pada kategori sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar -0,080 yang berada pada interval 0,00 – 0,199. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10%. Ini menunjukan masih ada faktor lain yang mempengaruhi sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: video base learning; kognitif; pendidikan agama islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yendi Ramdan
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:49
Last Modified: 13 Sep 2021 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42897

Actions (login required)

View Item View Item