Efektivitas penerimaan peserta didik baru online di Dinas Pendidikan Kota Bandung

Sonjaya, Mochammad Fajar (2021) Efektivitas penerimaan peserta didik baru online di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
3_DAFTAR ISI.docx

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan tekonologi di indonesia semakin berkembang kepada sistem Digital dilihat di bidang Pendidikan, penerpan pendidikan termasuk kepada pelaksanaan teknis pendaftaran di suatu sekolah. Di dalam revolusi jaringan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru online di desain untuk mempermudah dan memperbaiki kualitas pelayanan pada bidang pendidikan di Kota Bandung. Tujuan Penelitian untuk mengetahui efektivitas dan mengetahui interpretasi penerimaan peserta didik baru online di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori pendekatan system resource approach dari Martani dan Lubis ada 5 indikator :1) kemampuan organisasi, 2) kemampuan mengambil keputusan, 3) kemampuan menghasilkan output sumber, 4) kemampuan memelihara, 5) kemampuan organisasi bereaksi dan menyesuaikan perubahan. Metode penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif karena pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan sebuah ide, aspirasi yang tidak menghasilkan angka akan tetapi berupa deskripsi dalam bentuk kata dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online di Dinas Pendidikan Kota Bandung sudah terlaksana dengan baik. Efektivitas proses PPDB online dilihat dari 3 indikator yaitu desentralisasi pengambilan keputusan, komunikasi vertikal dan horizontal serta organisasi dan bagian-bagian bekerja sama secara baik. Adanya komunikasi yang lancar antar pihak dinas dan sekolah sehingga dapat meminimalisir masalah yang terjadi. Pengambilan keputusan pada PPDB online tergolong keputusan terprogram karena pendaftar dinyatakan lulus seleksi melalui program real time pada portal PPDB. Sehingga adanya sikap transparansi dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Bandung terhadap masyarakat. Serta adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan masyarakat sehingga masalah yang dihadapi oleh masyarakat dalam proses pendaftaran dapat terselesaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; PPDB online; Dinas Pendidikan
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Public Policy Issues in Education
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mochammad Fajar Sonjaya
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:02
Last Modified: 07 Sep 2021 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42895

Actions (login required)

View Item View Item