Pengaruh pendapatan kontribusi dan pendapatan investasi terhadap Surplus Underwriting dana Tabarru' pada PT BNI Life Insurance Unit Syariah tahun 2015-2020

Gustiani, Nurasyifa (2021) Pengaruh pendapatan kontribusi dan pendapatan investasi terhadap Surplus Underwriting dana Tabarru' pada PT BNI Life Insurance Unit Syariah tahun 2015-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya hubungan antara Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus Underwriting Dana Tabarru’. Namun pada laporan keuangan PT BNI Life Insurance Unit Syariah diketahui bahwa peningkatan Pendapatan Kontribusi ataupun Pendapatan Investasi tidak berdampak pada kenaikan Surplus Underwriting Dana Tabarru’, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Pendapatan Kontribusi dan atau Pendapatan Investasi terhadap Surplus Underwriting Dana Tabarru’ pada PT BNI Life Insurance Unit Syariah Tahun 2015-2020. Pada dasarnya Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Investasi memiliki hubungan yang positif yakni ketika Pendapatan Kontribusi dan atau Pendapatan Investasi naik maka akan terjadi peningkatan Surplus Underwriting Dana Tabarru’. Pendapatan Kontribusi adalah sejumlah dana yang diterima dari peserta asuransi atas aktifitas jasa yag dijalankan oleh perusahaan. Pendapatan Investasi adalah keuntungan dari kegiatan menginvestasikan dana tabarru’ pada instrumen investasi syariah. Surplus Underwriting Dana Tabarru’ adalah hasil pengurangan dana tabarru’ denganuubiaya atau beban reasuransi dan klaim. Apabila hasil dari pengurangan tersebut positif, maka perusahaan mengalami Surplus Underwriting Dana Tabarru’. Metode penelitian yang digunakan yakni analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelas, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial Pendapatan Kontribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting Dana Tabarru’ karena nilai t tabel lebih besar dari nilai t hitung (2,074>0,642) dengan signifikansi 0,528 dan R Square sebesar 0,018 yang artinya memiliki pengaruh 1,8%. Pendapatan Investasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting Dana Tabarru’ dengan nilai signifikansi diatas 0,05 yakni 0,83 dan nilai t tabel lebih besar dari nilai t hitung (2,074>1,815) dengan besaran pengaruh 13%. Namun secara simultan Pendapatan Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Investasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Surplus Underwriting Dana Tabarru’ dengan hasil uji f 0,04 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05. Besar pengaruh secara simultan adalah 25,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Kontribusi; Pendapatan Investas; Surplus Underwriting Dana Tabarru’
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nurasyifa Gustiani
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:31
Last Modified: 07 Sep 2021 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42843

Actions (login required)

View Item View Item