Perubahan gaya hidup mahasiswa di masa pandemi covid-19 : Studi kasus di jurusan Sosiologi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Amalia, Fitri (2021) Perubahan gaya hidup mahasiswa di masa pandemi covid-19 : Studi kasus di jurusan Sosiologi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Adanya fenomena Pandemi Covid-19 ini menyebabkan perubahan pada gaya hidup mahasiswa, kondisi sosial budaya yang berubah mengakibatkan pergeseran-pergeseran pola baik pada perilaku, sikap maupun cara pandang mahasiswa itu sendiri, terlepas lebih cenderung pada hal positif ataupun negatif. Lokasi penelitian bertempatkan di FISIP UIN SGD Bandung, penelitian ini berfokus pada perubahan Gaya Hidup Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2018. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kemana arah perubahan terjadi, tanggapan Mahasiswa terhadap fenomena covid-19, serta mengetahui langkah apa yang di lakukan Civitas akademika FISIP terhadap gaya hidup Mahasiswa Sosiologi angkatan 2018 ini. Pada penelitian ini digunakan teori perubahan sosial menurut Wilbert Moore. Menurut teori Moore yaitu perubahan sosial sebagai perubahan penting dari struktur sosial, struktur sosial yang dimaksud adalah pola-pola perilaku dan interaksi sosial. Struktur sosial tersebut mencakup norma, nilai, dan fenomena structural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, karena akan memahami individu atau kelompok yang sedang atau telah mengalami suatu kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian di analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikasi baik mengenai segi peraturan, gaya hidup, maupun kebiasaan. Pemerintah menerapkan kebijakan-kebijakan, seperti Lockdown, PSBB, Daring dan lain sebagainya dengan tujuan menekan angka penyebaran virus yang terus meningkat sehingga hal ini berdampak kepada pola hidup masyarakat khususnya Mahasiswa yang sebelumnya konvensional beralih serba online, terlepas ke arah yang positif maupun yang negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Gaya Hidup; Mahasiswa;
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fitri Amalia
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:15
Last Modified: 06 Sep 2021 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42797

Actions (login required)

View Item View Item