Pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance dengan Job Satisfaction sebagai variabel intervening : Studi pada Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur

Rezika, Amelia Ayu (2021) Pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance dengan Job Satisfaction sebagai variabel intervening : Studi pada Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy

Abstract

Karyawan berperan penting sebagai sumber daya milik organisasi. Untuk meningkatkan kinerja karyawan diperlukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor tersebut salah satunya adalah komitmen organisasional. Akan tetapi dilihat dari hasil penelitian terdahulu terdapat research gap pada pengaruh komitmen terhadap kinerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh organizational commitment terhadap employee performance dengan job satisfaction sebagai variabel intervening studi pada Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 dari total populasi 358 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Pengujian untuk analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji hipotesis menggunakan metode causal steps, serta uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Organizational Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Performance dengan nilai thitung > ttabel (6,560 > 1,98447) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Organizational Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Job Satisfaction dengan nilai thitung > ttabel (11,616 > 1,98447) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Job Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Performance dengan nilai thitung > ttabel (9,644 > 1,98447) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (4) Job Satisfaction dapat memediasi secara sempurna pada pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance, disebabkan nilai koefisien X terhadap Y berkurang setelah dimasukkan variabel Z dan angka signifikansi pengaruh X terhadap Y mengalami perubahan dimana yang semulanya signifikan menjadi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organizational Commitment; Job Satisfaction; Employee Performance
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Amelia Ayu Rezika
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:07
Last Modified: 06 Sep 2021 23:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42786

Actions (login required)

View Item View Item