Analisis penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan 107 atas pembiayaan gadai emas syariah pada Bank Syariah Mandiri KCP Batam Centre

Nurtitasari, Nurtitasari (2021) Analisis penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan 107 atas pembiayaan gadai emas syariah pada Bank Syariah Mandiri KCP Batam Centre. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai pemenuhan bagi kebutuhannya adalah produk pembiayaan, salah satu dari fasilitas tersebut adalah pembiayaan gadai emas. Dalam praktiknya ada perbedaan dalam penetapan biaya penyimpanan barang gadai pada lembaga keuangan yang belum sesuai dengan Fatwa DSN dan Surat Edaran Bank Indonesia. Belum adanya PSAK mengatur secara spesifik mengenai transaksi gadai emas, maka PSAK yang diterapkan dalam transaksi gadai emas syariah adalah PSAK 107 yang mengatur tentang transaksi ijarah yang merupakan akad pendamping dari transaksi gadai emas syariah. Penelitian ini bertujuan kuntuk mengetahui dan menganalisa mekanisme pembiayaan gadai emas syariah dan kesesuaiannya pada ketentuan yang berlaku beserta menganalisa perlakuan akuntansi besera penerapan PSAK 107 pada perlakuan akuntansi pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Indoensia KCP Batam Centre. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakang dalam penelitian adalah data primer dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi pada Bank Syariah Mandiri KCP Batam Centre sedangkan data skunder dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yang berhubungan dengan pembiayaan gadai emas. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode dalam pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pembiayaan gadai hemas di Bank Syariah Mandiri yang dimulai dari permohonan pinjaman sampai pelunasan hingga pelelangan barang gadai. Secara keseluruhan mekanisme telah sesuai dengan ketentuan pembiayaan gadai syariah, namun masih ada operasionl yang belum sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional dan Surat Edaran Bank Indonesia yaitu dalam penetapan biaya penyimpanan. Pinjaman gadai emas syariah diakui sebagai piutang sebesar pinjaman dan pendapatan gadai emas syariah diakui pada saat nasabah telah menggunakan jasa pada manfaat sewa beserta pelunasan atas pembayaran sewa oleh nasabah. Penyajian laporan mengenai kegiatan gadai emas diungkapkan dalam laporan keuangan Kantor Pusat terdapat pada laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif secara neto dengan nama akun rahn. Secara keseluruhan Bank Syariah Mandiri telah menerapkan perlakuan akuntansi yang meliputi pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pemgungkapan yang sesuai dengan PSAK 107.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gadai Emas; Mekanisme Gadai Emas; PSAK 107; Perlakuan Akuntansi
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nurtitasari Nurtitasari
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:16
Last Modified: 06 Sep 2021 05:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42781

Actions (login required)

View Item View Item