Analisis penerapan akad Mudharabah pada produk deposito syariah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 105 di BRI Syariah KCP Rancaekek

Indriani, Iis (2021) Analisis penerapan akad Mudharabah pada produk deposito syariah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 105 di BRI Syariah KCP Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
(1_COVER).pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
(2_ABSTRAK).pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
(3_DAFTAR ISI).pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
(4_BAB I ).pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
(5_BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
(6_BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
(7_BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
(8_BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
(9_DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Rancaekek merupakan suatu wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan dana investasinya kepada salah satu produk perbankan yang ada di Bank tersebut yaitu produk Deposito syariah. Dewan Syariah Nasional mengatakan bahwa deposito yang dianggap benar dalam praktinya yaitu menggunakan akad mudharabah, maka dari itu hal tersebut di dasarkan pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 105 tentang Akad Mudharabah. Hal inilah yang menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi sesuai atau tidaknya penerapan akad mudharabah berdasarkan PSAK 105 terhadap produk deposito di BRI Syariah KCP Rancaekek dan mengetahui mekanisme bagi hasil berdasarkan PSAK 105 atas deposito mudharabah di bank tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan cara melihat langsung fenomena yang ada di masyarakat. Data yang dihasilkan bersumber dari data primer yang didapatkan langsung melalui wawancara peneliti dengan informannya yaitu pihak Bank BRI Syariah KCP Rancaekek dan data berupa dokumen yang dibutuhkan peneliti. Serta data Sekunder yang dihasilkan dari buku atau media lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif di bank BRI Syariah KCP Rancaekek secara umum kegiatan perbankan terhadap produk deposito mudharabah yang dijalankannya telah sesuai dengan menerapkan Akuntansi Mudharabah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 105. Adapun yang terlihat tidak sesuai dengan PSAK 105 di paragraf 19 di katakan ijika iakad iberakhir isebelum iatau isaat ijatu itempo idan idana iinvestasi ibelum idibayarkan imaka idiakui isebagai ipiutang, isedangkan idi iBank ipencairan idana idilakukan isecara itotal ibeserta ibagi ihasil iyang idi iperoleh isehingga itidak iakan idiakui isebagai ipiutang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Mudharabah; Deposito Syariah; Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 105
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: iis indriani
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:41
Last Modified: 21 Oct 2021 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42773

Actions (login required)

View Item View Item