Pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja dengan stres kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada Karyawan SPPBE PT. Robita Dharma Sumedang

Rismayanti, Tiara (2021) Pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja dengan stres kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada Karyawan SPPBE PT. Robita Dharma Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) merupakan perusahaan swasta yang membantu PT. Pertamina (Persero) dalam mengelola gas elpiji dengan mengisi dan mendistribusikan tabung gas elpiji kepada masyarakat. Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu masalah beban kerja dimana karyawan merasakan adanya ketidaksesuaian antara tugas – tugas yang diberikan dengan waktu kerja yang ada sehingga pekerjaan tidak dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan menyebabkan adanya penumpukan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja dengan stress kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan SPPBE PT. Robita Dharma Sumedang, dimana beban kerja sebagai variabel independen (X), kepuasan kerja sebagai variabel dependen (Y) dan stress kerja sebagai variabel mediasi (M). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel yang berjumah 63 orang karyawan. Pengujian instrument data yang digunakan yakni analisis statistic deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji causal step dan uji sobel. Pengujian hipotesis ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Alat pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja secara negative dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dengan t hitung (-7,311) dan sig α 0,00. Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja dengan nilai t hitung (5,423) dan sig α 0,00. Stress kerja berpengaruh negative dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai t hitung (-6,203) dan sig α 0,00. Stres kerja memdiasi parsial (parcially mediation) hubungan negative dan signifikan beban kerja terhadap kepuasan kerja dengan hasil uji sobel (-4,065).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban kerja; Kepuasan kerja; Stres Kerja
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tiara Rismayanti
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:46
Last Modified: 06 Sep 2021 03:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42772

Actions (login required)

View Item View Item