Analisis penerapan PSAK no. 101 pada penyajian laporan keuangan koperasi syariah BMT itQan

Fitriyani, Lailatul (2021) Analisis penerapan PSAK no. 101 pada penyajian laporan keuangan koperasi syariah BMT itQan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada sebuah Lembaga keuangan yaitu Koperasi Syari’ah BMT itQan yang berlokasi di Padasuka, Kota Bandung, Jawa Barat. Laporan keuangan yang disajikan Koperasi Syari’ah BMT itQan belum cukup lengkap. karena yang disajikan hanya laporan laba rugi, neraca serta laporan Baitul maal (sumber dan penggunaan dana). Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa penerapan PSAK No. 101 pada penyajian 1) laporan laba rugi, 2) laporan neraca, 3) laporan perubahan modal, 4) laporan arus kas, 5) laporan sumber dan penyaluran dana zakat serta 6) laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan Koperasi Syari’ah BMT itQan. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini ialah metode deskripif kualitatif dengan jenis data kualitatif juga. Adapun Teknik mengumpulkan datanya melalui kegiatan interview, pengamatan secara langsung serta dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data yang diterapkan yaitu analisis data kualitatif dengan cara dilakukan reduksi data, mendisplay data dan pengambilan simpulan serta verifikasi. Data yang dipergunakan ialah data primer yang bersumber dari hasil interview serta pengamatan langsung kemudian untuk data sekunder berasal dari dokumentasi berupa laporan keuangan yang tersaji dalam website resmi bmt itQan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) laporan laba rugi yang disusun dan disajikan telah sesuai dengan PSAK No. 101; 2) laporan neraca yang disusun dan disajikan belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 101; 3) laporan perubahan modal karena tidak disajikan tidak dapat ditarik kesimpulan; 4) laporan arus kas karena tidak disajikan tidak dapat ditarik kesimpulan; 5) laporan sumber dan penyaluran dana zakat sudah sesuai dengan PSAK No. 101; 6) laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 101.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK No. 101; Laporan Keuangan; Neraca; Laporan Laba Rugi; Laporan Perubahan Modal; Laporan Arus Kas; Laporan Sumber dan Penyaluran Dana Zakat; Laporan Sumber dan Penggunaan Dana Kebajikan.
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: lailatul fitriyani
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:07
Last Modified: 06 Sep 2021 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item